Cek Sekarang Juga, Pemegang Kartu KIS BPJS Berkesempatan dapat Bantuan Rp3 Juta dari Pemerintah

JABAREKSPRES – Kabar gembira bagi pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan, Pemerintah akan memberikan bantuan senilai Rp3 Juta bagi yang memenuhi persyaratan.

Hampir semua peserta BPJS kesehatan adalah pemegang kartu KIS, namun siapa yang berhak dan memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan dana gratis, tentu saja tidak semuanya.

Pemerintah mengklasifikasikan pemegang kartu KIS BPJS Kesehatan dalam dua golongan, yakni BPJS mandiri dan BPJS PBI.

Yang masuk dalam kategori BPJS mandiri merupakan warga masyarakat yang dinilai mampu dan bisa membayar iuran kesehatannya sendiri, sementara BPJS PBI adalah mereka yang dinilai sebagai fakir miskin sehingga iuran kesehatannya dibayarkan oleh pemerinah.

Bagi pemegang kartu KIS BPJS PBI, biasanya mereka sudah masuk kedalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) sehingga terdaftar juga sebagai penerima bantuan dari pemerintah lainnya.

Beberapa bantuan tersebut diantaranya dari Program Keluarga Harapan (PKH), Program Pangan Non Tunai (BPNT), Program Indonesia Pintar (PIP) Bantuan Sosial Atensi Permakanan untuk Disabilitas dan Lansia Usia 75 tahun ke atas.

Dimana bila ditotal jumlah bantuan tersebut akan mencapai angka Rp3 Juta perorang.

Bantuan PKH merupakan bantuan bagi keluarga yang memiliki anak sekolah dan lansia. Sementara BPNT merupakan bantuan dalam bentuk bahan makanan pokok.

Tahun ini pencairan BPNT dilakukan dalam dua jenis. Pencairan langsung tunai dan non tunai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *