oleh

Makanan yang Bisa Menjadi Penyebab Kanker pada Manusia

Jabarekspres.com – Saat ini banyak sekali berita tentang publik figur ataupun pejabat yang mengalami penyakit kanker, lalu apa penyebab kanker pada manusia?

Ternyata ada beberapa bahan alami yang ada di makanan bila digunakan dengan salah bisa meningkatkan resiko kanker.

Menurut dr. Ema Surya Pertiwi, dalam beberapa kasus nitrat dan nitrit pada makanan bisa berbahaya dan menyebabkan kanker pada manusia.

Sebagaimana dilansir dari tayangan YouTube Emasuperr pada Jum’at 27 Mei 2022, simak penjelasan dari dr. Ema Surya Pertiwi.

Nitrat dan nitrit merupakan jenis senyawa yang berbeda, nitrat itu realif seimbang atau stabil dan tidak menyebabkan kerusakan pada sayuran.

Nitrat dan nitrit sering digunakan pada makanan olahan seperti daging olahan, makanan kaleng, sosis maupun hotdog.

Kedua senyawa ini berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, sebagai pengawet, menambah rasa asin, memperbaiki warna daging agar telihar merah dan cerah.

Akan tetapi, bakteri di mulut manusia atau sering disebut dengan enzim, bisa mengubah nitrat menjadi nitrit, sehingga ini yang menjadi berbahaya.

Mengapa? karena nitrit ketika masuk ke dalam tubuh bisa diubah menjadi oksida nitrat dan nitrosamin.

Jadi, dari sayuran yang dikonsumsi di tubuh Anda akan mendapatkan 80% nitrat yang diubah menjadi oksida nitrat.

Oksida nitrat memiliki manfaat untuk tubuh yaitu untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan fungsi kinerja tubuh.

Selain itu, oksida nitrat juga berfungsi sebagai anti mikroba dalam sistem pencernaan, untuk membantu membunuh bakteri seperti salmonella.

Lantas, apa yang menjadi bahaya bagi tubuh? ketika nitrit berubah menjadi nitrosamine.

Nitrosamine adalah penyebab yang paling sering meningkatkan resiko penyakit kanker, mulai dari kanker otak, kanker payudara, kanker esofagus, kanker lambung, kanker prostat bahkan kanker pencernaan.

Bagaimana nitrit menjadi nitrosamine? nitrit berubah menjadi nitrosamine ketika diolah pada suhu yang tinggi.

Apa saja makanan yang pengolahannya dengan cara suhu tinggi? seperti bacon, daging merah, serta makanan olahan biasanya diproses dengan suhu tinggi.

Bacon, hotdog maupun daging olahan mengandung natrium nitrit tingkat tinggi. Sehingga, bila diolah dengan suhu tinggi bisa meningkatkan resiko perubahan nitrit menjadi nitrosamine yang bisa menyebabkan kanker pada manusia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.