Benarkah Semua Orang Harus Minum 8 Gelas Perhari? Berikut Penjelasan dr. Sung

Jabarekspres.com – Berapa banyak air yang tubuh kita butuhkan dalam satu hari? apakah harus minum air 8 gelas perhari atau mungkin lebih?

Jika berbicara tentang berapa batas minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan selama seharian penuh, agar tubuh terhidrasi dengan baik terlebih dahulu kita harus mengetahui manfaat air untuk tubuh kita.

Air berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, dan komponen terbesar dalam tubuh kita adalah air.

Sementara untuk orang Indonesia seperti yang kita ketahui bila melihat informasi di televisi, jumlah ideal untuk minum air putih adalah 8 gelas perhari.

Lantas apa benar jika kita harus minum 8 gelas perhari? melansir dari tayangan YouTube SB30 Health pada Jum’at 27 Mei 2022, berikut ini penjelasannnya.

Sebelum itu, untuk mengetahui berapa gelas air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan, maka bisa melihat dari berat badan.

Mengapa melihat dari berat badan? Menurut dr. Sung, orang yang mempunyai berat badan berlebih, tentunya kebutuhan air putihnya lebih tinggi. Ketimbang orang yang memiliki berat badan lebih rendah.

The U.S. National Academies of Sciences, Engineering and Medicine menyarankan untuk laki-laki idealnya minum air sekitar 3,7 liter perhari. sementara untuk perempuan 2.7 liter setiap harinya.

Cara menghitungnya yaitu sekitar 35-40ml perkilogram berat badan, karena mungkin kebanyakan orang dari Amerika berat badannnya diatas 80kg jadi sekitar 3,7 liter.

Jadi, kebutuhan cairan setiap orang tentunya berbeda-beda dan tidak bisa dipukul rata.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan