7 Mitos dan Fakta saat Menstruasi, Berikut Penjelasan dr. Sung

Jabarekspres.com – Pasti Anda pernah mendengar tentang mitos dan fakta saat menstruasi, untuk mendapatkan informasi yang tepat bisa dengarkan penjelasan dari dr. Sung.

Mitos tentang haid banyak sekali beredar di masyarakat, ada banyak hal yang dilarang bagi para wanita yang sedang mengalami hal tersebut.

Lantas bagaimana tentang mitos dan fakta saat menstruasi? melansir dari tayangan YouTube SB30 Health pada Rabu 25 Mei 2022, simak penjelasan dr. Sung.

1. Tidak boleh keramas

Pasti Anda sering mendengar kalau sedang menstruasi dilarang untuk keramas. Sedangkan durasi para wanita untuk menstruasi sekitar 3-7 hari.

Bayangkan jika Anda selama waktu tersebut sama sekali tidak keramas, maka rambut dan kepala Anda bisa menjadi bau.

Menurut dr. Sung, selama tubuh Anda sehat dan tidak ada masalah seperti pusing dan sakit kepala, para wanita boleh melakukan keramas.

2. Minum soda dapat mempercepat durasi menstruasi

Sampai saat ini belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa air soda dapat mempercepat durasi menstruasi.

Akan tetapi, yang dikhawatirkan adalah ketika Anda telat menstruasi, lalu mengonsumsi soda yang ditakutkan adalah gula yang ada di dalam soda tersebut.

Jadi, kalau Anda konsumsi minuman bersoda secara berlebihan maka gula darah akan meningkat.

3. Minum air es atau dingin bisa memperlambat durasi menstruasi

Kebanyakan orang berfikir bahwa minum air dingin bisa memperlambat menstruasi, karena darah menjadi membeku dan tidak bisa keluar.

Padahal, ketika Anda minum air dingin itu akan dinetralkan oleh tubuh, dan jika suhunya dingin akan dihangatkan oleh tubuh.

Akan tetapi, untuk yang dalam keadaan prima atau segar, tidak masalah apabila ingin minum air dingin meski sedang menstruasi, tapi jangan berlebihihan.

Bagi Anda yang tubuhnya lemah, bisa minum yang hangat-hangat untuk mengurangi nyeri saat menstruasi.

4. Pembalut bikin mandul?

Pembalut yang sudah beredar dipasaran sebetulnya sudah Standar Nasional Indonesia (SNI), maka produk tersebut sudah boleh diedarkan.

Justru yang harus diperhatikan adalah waktu pemakaian pembalut itu sendiri, dan untuk pemakaiannya sekitar 3-4 jam.

Jangan menggunakannya semalaman, karena darah yang berkumpul di dalamnnya mengandung bakteri, sehingga bisa menyebabkan infeksi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan