7 Makanan yang Bisa Membuat Depresi Semakin Buruk

Jabarekspres.com – Anda jangan pernah menyepelekan gangguan kesehatan mental misalnya depresi, karena dapat menganggu dalam menjalani aktivitas bila tidak ditangani dengan tepat.

Namun, jika Anda sudah mendapatkan saran dari dokter, tapi tidak juga mengatasi depresi yang sedang dialami, bisa coba berhenti mengonsumsi beberapa makanan ini.

Lantas apa saja makanan dan minuman yang perlu dihindari tersebut? Melansir dari the healthy pada Rabu 25 Mei 2022, berikut penjelasannya.

1. Donat

Donat memang memiliki rasa yang enak, tetapi bisa penuh dengan asam lemak trans yaitu lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat.

lemak yang terkenal jahat ini dapat memicu reaksi biologis negatif yang meningkatkan risiko perubahan suasana hati.

2. Soda

Semua orang pasti menyukai minuman manis yang menyegarkan. Padahal, semakin banyak gula yang Anda konsumsi, semakin meradang tubuh Anda.

Sebuah jurnal dari American Medical Association menemukan bahwa depresi terkait dengan tingkat peradangan yang lebih tinggi di otak.

3. Kentang Goreng

Bukan kentangnya yang jadi masalah tapi garamnya. Meskipun bukan masalah medis, tapi dapat membuat Anda dalam suasana hati yang buruk.

Untuk membantu memerangi suasana hati yang buruk bisa minum banyak air putih.

4. Kopi

Meskipun tidak ada hubungan pasti antara kafein dan depresi, minuman populer ini dapat memperburuk insomnia.

Kurang tidur dan insomnia dapat meningkatkan gejala depresi. Untuk itu, coba membatasi diri Anda pada satu cangkir per hari.

5. Alkohol

Tahukah Anda, terlalu banyak alkohol bisa mendatangkan malapetaka pada suasana hati Anda.

Menurut Royal College of Psychiatrists, alkohol dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam kimia otak Anda dan meningkatkan risiko depresi.

Selain itu, mabuk itu sendiri dapat menciptakan suasana hati dan kecemasan yang rendah selama berhari-hari.

6. Makanan yang Diproses

Makanan dengan microwave memang nyaman, tetapi menurut British Journal of Psychiatry, konsumsi makanan olahan yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi.

7. Gluten

Jika Anda memiliki penyakit celiac, makan gluten, protein yang berasal dari gandum dan biji-bijian seperti barley, rye, dan oat, dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan