Awas, Makan Berlebihan saat Buka dan Sahur bisa Timbulkan Penyakit ini

JABAREKSPRES.COM – Setelah menahan lapar seharian karena puasa, kadang kita kalap menyantap makan hingga berlebihan saat berbuka.

Demikian juga saat sahur, karena khawatir akan mengalami kelaparan saat berpuasa, kadang kita sengaja makan banyak saat sahur.

Ternyata makan berlebihan saat buka dan sahur bukan hal baik untuk dilakukan saat puasa. apalagii makanan dengan tinggi kalori.

Hal tersebut bisa menyebabkan kelebihan nutrisi yang memicu penyakit metabolik.

Hal tersebut diugkapkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Universitas Indonesia, dr. Bonita Effendi, B.MedSci, Sp.PD, M.Epid.

“Kelebihan nutrisi nantinya dapat memicu obesitas atau penyakit metabolik seperti diabetes, hipertensi, dislipidemia, gagal ginjal, gagal jantung,” kata Bonita.

Kelebihan nutrisi membuat tubuh semakin berat bekerja, dan malah tidak bisa memperoleh manfaat dari puasa yang sesungguhnya.

Manfaat puasa sendiri jika benar dalam melakukanny akan bisa memperbaiki metabolisme, menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah, detoksifikasi, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menjaga kesehatan jantung.

Karenanya Bonita menyarankan, sebaiknya pemenuhan nutrisi harus tetap dapat menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh selama menjalankan ibadah Ramadhan.

Dia mencontohkan pola makan yang bisa ditiru selama sehari. Untuk buka puasa, Anda bisa memakan dua atau tiga butir kurma dan minum segelas air putih.

Setelah magrib, makanlah satu porsi nasi putih, sepotong ayam, sepotong tempe atau tahu, semangkuk sayur, satu jenis buah dan dua gelas air putih.

Setelah shalat tarawih, Anda bisa makan satu macam buah dan dua gelas air putih.

Saat sahur, makanan yang dikonsumsi bisa terdiri dari seporsi nasi putih, sepotong ikan, seporsi sayur, sepotong melon atau semangka dan dua gelas air putih. Menjelang imsak, makanlah satu macam buah dan minum segelas air putih ata susu.

Berdasarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kementerian Kesehatan, makanan pokok dalam sekali makan bisa terdiri dari
150 gram nasi (setara tiga centong nasi atau tiga potong kentang dengan berat 300 gram, atau 1,5 gelas mie kering setara 75 gram), lauk hewani berupa 75 gram ikan kembung setara dengan dua potong ayam tanpa kulit, sebutir telur ayam ukuran besar (55 gram).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan