Ular Cobra Masuk Pemukiman, Warga Resah Minta Bantuan Damkar Untuk Evakuasi

CIREBON – Warga Komplek BTN Griya Bintang, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon diresahkan dengan kemunculan sebuah ular cobra yang memasuki pemukimannya.

Ular tersebut diketahui pernah memasuki rumah ketua RT dan membuat penghuninya histeris ketakutan, namun belum sempat dievakuasi ular tersebut sudah menghilang.

Lalu terakhir diketahui ular tersebut berada di kandang ayam salah seorang warga sedang memangsa ternaknya.

Mengetahui hal tersebut warga segera melaporkan hal tersebut pada  Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Cirebon untuk melakukan evakuasi.

Salah seorang Warga BTN Griya Bintang, Argasunya, yang memiliki kandang ayam, Maman mengatakan, pihaknya meminta bantuan evakuasi ke Damkar Kota Cirebon, karena khawatir dengan keberadaan ular tersebut.

“Tentu kami berterima kasih dengan dievakuasinya ular tersebut. Saya khawatir ular itu masuk ke dalam rumah,” kata Maman, Jumat (25/3/2022).

Maman juga menceritakan,  ular cobra tersebut sempat masuk ke rumah milik ketua RT. Kemudian terlihat di kandang ayam miliknya.

“Di rumah pak RT pernah masuk di rumah. Kalau di rumah saya alhamdulillah cuma di kandang ayam,” tuturnya.

Damkar Kota Cirebon yang menerima laporan tersebut  segera menurunkan tim berjumlah enam orang untuk melakukan evakuasi.

Petugas Damkar, Aji Septian mengatakan, petugas Damkar Kota Cirebon menerima laporan dari Mama Sudirman, warga Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Laporan diterima pada, Jumat (25/3/2022) yang kemudian ditindaklanjuti oleh Tim Damkar Kota Cirebon.

Tiba di lokasi, tim langsung menuju kandang ayam yang terletak di belakang rumah pelapor, yang juga terdapat kebun.

Pemilik rumah segera menunjukkan lokasi terakhir ditemukan ular tersebut, dan ternyata ular masih berada di dalam kandang ayam.

Petugas damkar kemudian menggunakan peralatan untuk menangkap ular cobra tersebut dan langsung dapat dievakuasi.

“Ini termasuk ular cobra jawa (naja sputratrix),” Ujarnya sambul menunjukkan ular yang berhasil dievakuasinya.

Ular cobra tersebut berukuran cukup besar. Termasuk indukan. “Ini ukurannya kurang lebih 1,5 meter, termasuk cobra indukan,” katanya.

Aksi para petugas damkar melakukan rescue ular cobra tersebut juga dipublikasikan akun Youtube Damkar Kota Cirebon. (rc/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan