Petugas DPKP Depok Berhasil Evakuasi Ular Sanca

DEPOK – Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok kembali melakukan evakuasi terhadap ular yang memasuki pemukiman warga. Kali ini ular yang dievakuasi oleh petugas ialah ular jenis Sanca.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, DPKP Kota Depok, Welman Naipospos, mengatakan jumlah ular Sanca yang diamankan sebanyak dua ekor.

“Sebanyak dua ekor ular Sanca yang diamankan petugas. Kedua hewan tersebut diamankan di dua lokasi yang berbeda,” ungkap Welman, Jumat (25/2).

Pihaknya menjelaskan bahwa kedua ekor ular Sanca yang dievakuasi masing-masing berada di Kelurahan Kalimuyla, Kecamatan Cilodong dan Perumahan Bukit Cengkeh Berbunga B8 No 1/2, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya.

“Ular pertama yang berhasil dievakuasi berlokasi di Jalan Katim Plaza No. 107 RT 05/RW 07 Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong. Di lokasi ini ular yang ditangkap memiliki panjang dua meter,” kata Welman.

Untuk proses evakuasi, kata dia, petugas yang diterjunkan sebanyak dua personel yang berasal dari Markas Komando (MAKO) Kembang.

“Sementara lokasi kedua evakuasi berada di Perumahan Bukit Cengkeh Berbunga B8 No 1/2, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya. Ular kedua ini memiliki panjang mencapai empat meter,” papar dia.

Adapun untuk pengamanan ular berikutnya ini mengerahkan sebanyak lima personel ke lokasi. Petugas yang diturunkan berasal dari Pos Merdeka.

Welman lebih lanjut mengatakan, selama evakuasi tidak ada hambatan lebih serius yang dialami petugas sehingga semuanya berjalan dengan lancar.

“Evakuasi berjalan lancar, hanya terkendala ular masuk ke dalam saluran air. Adapun peralatan yang digunakan antara lain grab stick, tangga, dan sarung tangan,” terangnya.

Kondisi ular, kata dia, sementara masih disimpan di UPT sambil menunggu komunitas reptil yang ingin mengadopsi. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan