Cegah Ular Masuk Tenda Jokowi, Paspampres Sebarkan Garam

KALTIM – Bertemu hewan melata seprerti ular memang menjadi salah satu ancaman bagi kita yang ingin berkemah di alam terbuka, tak terkecuali untuk tenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkemah di titik nol Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebagai upaya pencegahan agar tenda yang ditempati jokowi tidak diserang ular, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo, melakukan upaya untuk keamanan Presiden Joko Widodo di kawasan kamping Titik Nol IKN Nusantara.

Berbagai upaya penjagaan dilakukan  agar keselamatan kepala negara Indonesia itu terjaga. Terutama dari serangan binatang melata seperti ular.

Tri Budi mengatakan bahwa tim Paspampres telah menyebarkan garam di sekitar area tenda yang ditempati Jokowi.

“Di sekitar tenda VVIP sudah kami sebarkan garam untuk antisipasi binatang melata. Kami juga siapkan antibisa ular. Mudahan tak terpakai,” ujar Tri Budi, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Senin (14/3).

Selain itu, Tri Budi setiap orang yang terlibat dalam kegiatan perkemahan, termasuk personel keamanan yang masuk ke wilayah dekat Presiden Jokowi selama di IKN Nusantara harus teruji negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes usap atau swab.

“Protokol kesehatan tetap kami laksanakan meskipun itu tempatnya ada hutan yang mungkin udara juga cukup. Namun ini sudah menjadi protap kami,” katanya.

Selain sudah melalui pengujian tes usab atau swab, pihaknya juga sudah melakukan penyemprotan dan pengasapan agar nyamuk penyebab malaria tak mendekat.

“Di sana (Titik Nol IKN) sudah kami fogging,” tegas Tri Budi.

Sebagai informasi, presiden Jokowi berkemah di lokasi titik nol IKN  bersama sejumlah pejabat lainnya yaitu Mentri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Bapenas Suharso Manoarfa, Menteri Seskab Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono , dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe. (bbs)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan