Jangan Konsumsi Kacang Tanah Berlebihan Ya, Ini Bahayanya!

JAKARTA – Siapa yang tidak suka makan kacang tanah? Tentunya hampir semua orang menyukainya. Namun, konsumsi kacang tanah secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut ini efek samping dari konsumsi kacang tanah berlebihan yang dikutip dari laman Livestrong.

1. Berkontribusi pada Penambahan Berat Badan

Salah satu kelemahan kacang tanah, terlepas dari kontribusinya terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan adalah kandungan kalorinya yang tinggi. Kalori bisa membuat perbedaan jika Anda mencoba untuk mengatur berat badan.

Satu porsi kacang tanah panggang 1 ons setara dengan sekitar segenggam atau 39 kacang mengandung 170 kalori.

2. Menghambat Penyerapan Mineral

Kacang tanah adalah sumber fosfor yang baik, dengan 113 miligram per ons. Namun, fosfor dalam kacang tanah berada dalam bentuk penyimpanan yang disebut asam fitat atau fitat.

Fitat sering disebut sebagai antinutrisi, karena mereka mengikat mineral lain, mencegah kemampuan tubuh Anda untuk menggunakannya. Saat Anda makan kacang, fitat mengikat nutrisi lain dan mengurangi penyerapannya. Mineral yang paling rentan adalah zat besi, seng, kalsium dan mangan.
Selain itu, fitat mengurangi daya cerna protein dan seiring waktu, hal ini bisa menyebabkan kekurangan mineral, alergi, dan iritasi pada saluran usus. Fitat bisa menyebabkan kekurangan mineral, terutama pada anak kecil atau orang dengan pola makan yang buruk.

3. Efek Samping Alergi Kacang Tanah

Kacang tanah adalah salah satu alergen yang paling umum dan bisa menyebabkan respons yang parah dan berpotensi mengancam jiwa. Reaksi terhadap kacang tidak bisa diprediksi, bahkan dengan jumlah yang sangat kecil.

Ini hasil dari sistem kekebalan tubuh Anda yang mengidentifikasi protein kacang sebagai berbahaya dan memicu gejala. Kontak kulit biasa biasanya tidak menimbulkan masalah kecuali area yang terkena menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda.

Kontaminasi silang yang tidak disengaja bisa terjadi sebagai akibat dari makanan yang terkena kacang tanah selama persiapan.

4. Terlalu Banyak Natrium

Banyak jenis kacang tanah yang ditambahkan garam dan penyedap yang mungkin berdampak pada tekanan darah Anda. Misalnya, satu ons kacang valencia asin mengandung 219 miligram sodium.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan