Ridwan Kamil Minta Penyuluh Pertanian Tidak Ketinggalan Zaman

PANGANDARAN – Keberadaan sektor pertanian di Jawa Barat, sudah menjadi prioritas Gubenur Ridwan Kamil untuk terus dikembangkan.

Menurutnya, sejauh ini sektor pertanian di Jabar terus mengalami peningkatan. Baik dari segi produktivitas mapun pengembangan lahan pertanian.

Beberapa progran unggulan Gubenur Jabar Ridwan Kamil, seperti petani milenial dan satu desa satun produk (One Village one Product) akan terus dikembangkan.

Namun unntuk mendukung itu semua perlu didorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di kalangan petani maupun penyuluh pertanian.

‘’Para tenaga harian lepas penyuluh pertanian untuk menguasai teknologi digital. Jabar sedang mentransformasi pertanian menggunakan teknologi,’’ujar Kang Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil.

Menurutnya, pemanfaatan teknologi pertanian harus terus dikembangkan dan dikuasai oleh para penyuluh pertanian.

Kang Emil menilai, saat ini hampir seluruh sektor sudah memanfaatkan teknologi. Begitupun untuk itu sektor pertanian.

‘’Para penyuluh harus menguasai dan menerapkannya ke petani kita,” cetus Kang Emil yang juga bakal Capres 2024 ini.

Tokoh Jawa barat ini menyampaikan, Pemdaprov Jabar telah mengemangkan berbagai inovasi teknologi pertanian salah satunya pemberian pakan ikan lele menggunakan Internet of Thing (IoT).

Teknologi ini hanya dikendalikan lewat  Smartphone oleh petani Indramayu. Sehingga menghasilkan panen ikan lele berkali kali lipat.

‘’Begitu pula pemanfaatan teknologi fish finder di Sukabumi dan apartemen ayam di Kabupaten Bandung,’’kata Ridwan Kamil.

Untuk itu, mindset pengelolaan pertanian dan pemasaran harus di rubah. Dengan begitu, kondisi para petani di Jabar akan semakin sejahtera.

“Saya tidak mau lagi pertanian Jabar konvensional, poinnya dengan ilmu semua bisa,” ujar Kang Emil.

Ridwan kamil menambahkan, para penyuluh pertanian juga harus bisa mengajak generasi muda untuk menggeluti bidang pertanian.

‘’Pemerintah provinsi Jabar memiliki program Petani Milenial, dan ini harus dikembangkan di setiap Kabupaten/Kota yang ada di Jabar,’’ujarnya.

“Saya titip ajak generasi muda untuk terjun di dunia pertanian. Saya yakin generasi mmuda banyak memiliki ide dan inovasi dengan mengembangkan konsep digital untuk sektor pertanian,’’ tambah Ridwan Kamil lagi. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan