Disdik Depok Sebut Konsep PAUD HI Miliki Sejumlah Target

DEPOK – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menilai konsep Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berorientasi pada Holistik Integratif (HI) memiliki sejumlah target yang diyakini mampu meningakatkan mutu pendidikan anak.

Kepala Disdik Kota Depok Wijayanto mengatakan, dalam konsep PAUD HI ini apa saja yang ada dalam diri anak adalah target utama dari pendidikan.

“Mulai dari pendidikan, perlindungan, pembelajaran, kesehatan, gizi, pengasuhan, serta penjagaannya,” ungkap Wijayanto, Selasa (15/2).

Ia mengungkapkan, sejatinya pendidikan anak usia dini memang harus diarahkan untuk holistik integratif, menimbang pendidikan sendiri harus dilakukan secara menyeluruh dan padu.

“Semua yang ada pada diri anak, baik kecerdasan hingga gerak-geriknya harus menjadi target pendidikan,” kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam konteks PAUD HI, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

“Semua itu adalah target-terget dari pendidikan anak, anak tidak boleh lagi stunting, anak tidak boleh lagi tidak merasakan nyamannya belajar di sekolah, semua menjadi tugas dan tanggung jawab kita,” urainya.

Dikatakan, semua yang ada pada anak menjadi target pendidikan baik kecerdasannya, fisiknya, emosionalnya, hingga gerak-geriknya harus menjadi target pendidikan.

Ia menerangkan bahwa setiap anak memiliki kecerdasan hingga kelebihan yang berbeda-beda. Anak juga pada dasarnya hebat, pintar serta merupakan calon generasi penerus masa depan bangsa.

“Untuk itu, PAUD HI merupakan konsep pendidikan yang penting untuk diterapkan kepada ada,” terangnya.

Ia juga mengatakan, saat ini pihaknya rutin melakukan roadshow ke sekolah-sekolah untuk memberikan pengertian kepada insan PAUD.

“Metode yang dipakai kali ini dengan dongeng. Intinya walupun bentuknya dongeng, muatan-muatannya berorientasi pada target-target pendidikan holistik integratif,” ungkap Wijayanto. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan