Cobain Yuk Teh Campur Serai dan Jeruk Nipis, Ini Manfaatnya

JAKARTA – Serai merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan sebagai salah satu bahan masakan. Selain itu bumbu tersebut memiliki aroma yang menyegarkan.

Berdasarkan hasil studi tahun 2015 menunjukkan minum infused water daun serai setiap hari selama 30 hari bisa meningkatkan kadar hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Bumbu dapur ini juga diklaim dapat mengatasi beberapa penyakit. Teh campur serai serta jeruk nipis mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh. Seperti dilansir dari Genpi.co, berikut manfaatnya:

1. Menghancurkan Lemak Perut

Bagi orang yang sedang diet, bumbu dapur ini bisa dijadikan solusi. Pasalnya, daun ini bisa menghancurkan lemak di perut sehingga tubuh terlihat lebih indah.

Cara pengolahan: Potong 3 batang serai menjadi 4 bagian sebelum ditumbuk, lalu campurkan dengan satu kantong teh pilihan, 2 jeruk nipis yang sudah diiris tipis, dan 5 gelas air. Rebus sampai mendidih dan meresap (untuk 2 gelas teh).

2. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan citral yang ada dalam daun bumbu dapur ini memiliki sifat antikanker. Komponen lain di dalam bumbu dapur ini bisa mengurangi risiko kanker bila dikonsumsi secara rutin.

Cara pengolahan: potong daun serai tipis-tipis dan taburkan pada makanan yang dikonsumsi setiap hari.

3. Atasi Depresi

Sifat antidepresan yang dimiliki oleh daun tersebut bisa menenangkan saraf dan otot sehingga pikiran lebih jernih juga tenang. Tidak hanya stres, bumbu dapur ini juga bisa mengatasi masalah susah tidur. Hal lainnya yang bisa diatasi menggunakan teh daun serai adalah menurunkan kadar gula darah.

Cara mengolah: Iris serai dan masukkan ke dalam air. Masak sampai mendidih dan meresap. Campur dengan perasan jeruk nipis secukupnya. (genpi/jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan