Meskipun Sehat, 7 Makanan Ini Bisa Rusak Ginjal Kamu

5. Produk Olahan Susu

Susu, keju, dan yoghurt merupakan beberapa contoh asupan sehat yang baik bagi tubuh. Namun, mengonsumsi produk susu secara berlebihan justru dapat mengganggu keseimbangan fosfat darah Hal ini dipengaruhi oleh kandungan fosfor yang meningkat akibat konsumsi produk susu berlebihan.

6. Sari Buah Instan

Hindari mengonsumsi jus buah dan minuman manis lainnya jika Anda menderita penyakit ginjal dan diabetes. Minuman ini cenderung mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi yang dapat menyebabkan lonjakan gula secara cepat.  Ditambah, jus buah tertentu mengandung mineral tinggi seperti kalium yang membahayakan kesehatan ginjal.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah jenis makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Namun, bagi penderita gangguan ginjal, jumlah sayuran hijau perlu diperhatikan. Berbagai sayuran berdaun hijau, seperti bayam, lobak, dan bit, mengandung kalium yang tinggi. Satu cangkir (30–38 gram) sayuran hijau mentah dapat mengandung 136-290 mg kalium. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan sehat ini berisiko merusak ginjal.

Itu dia beberapa makanan sehat yang dapat merusak ginjal bila dikonsumsi berlebihan. Intinya, konsumsi makanan apa pun secara seimbang dan hindari makan dalam porsi yang berlebihan. Perhatikan jumlah asupan yang Anda konsumsi agar tidak menimbulkan efek samping. Bila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, berkonsultasilah kepada dokter terkait pemilihan makanan yang tepat. (JPNN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan