Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Kecamatan Jatinangor Sumedang, Kepala Puskesmas: Saya Mengharapkan Bisa Optimal

SUMEDANG – Seperti diketahui bahwa pengiriman vaksin Covid-19 untuk wilayah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang telah datang pada Sabtu, (30/1).

Vaksin Covid-19 tersebut nantinya akan disuntikkan kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di wilayah Kecamatan Jatinangor.

Hal itu dilakukan guna memperkuat imun tubuh para nakes, sebab nakes lebih banyak berinteraksi dengan warga yang sakit sehingga dikhawatirkan berpotensi tinggi terkena paparan virus Covid-19.

Dokter gigi Ami Fitria selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang mengatakan bahwa seluruh nakes yang ada di Puskesmas Jatinangor telah terdaftar untuk mendapatkan vaksinasi.

“Kalau jumlah karyawan di sini ada 82 orang dan 82 orang itu semuanya dipastikan sudah mendaftar ke google form untuk masuk (data dirinya) ke dalam sistem aplikasi itu, untuk bisa menerima vaksin,” kata Ami kepada Jabar Ekspres di Puskesmas Jatinangor, Sumedang pada Sabtu, (30/1).

Sementara lanjut Ami, untuk arahan dari Dinas Kesehatan apabila ada nakes yang belum terdaftar pada saat pelaksanaan vaksinasi, namun ketika NIK nakes tersebut diinput dan NIK nakesnya muncul, maka tetap akan diberi pelayanan vaksinasi.

Dalam penuturannya, Ami berharap supaya pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pada tahap pertama kepada nakes di Kecamatan Jatinangor, Sumedang dapat berjalan dengan lancar.

“Mudah-mudahan tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berat begitu. Sehingga saya mengharapkan bisa optimal yah, kita mencapai target dari jumlah sasaran yang memang ada di masing-masing wilayah,” imbuhnya.

Kemudian perlu diketahui juga bahwa wilayah Jatinangor mendapat jumlah vaksin paling banyak.

“Tadi yang sudah kami terima dari Dinas Kesehatan 487 (vaksin). Jadi Jatinangor faskes (fasilitas kesehatan) dengan jumlah vaksin paling banyak,” ujarnya.

Sementara untuk jumlah nakes yang diketahui telah mendaftarkan diri melalui aplikasi dengan memilih Puskesmas Jatinangor sebagai faskesnya berjumlah 230 nakes.

“Karena ‘kan untuk tahapan pertama ini untuk tenaga kesehatan dulu yah,” ucap Ami.

Adapun untuk pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19 ini, kata Ami, pihaknya telah mempersiapkan program vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Jatinangor, Sumedang dengan optimal.

“Kami sudah mempersiapkan hal-hal yang memang diperlukan. Pertama, kami sudah menetapkan jadwal untuk vaksinasi yah, pelayanan vaksinasi Covid itu seminggu empat hari,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan