BPJS Kes Kepwil Jabar ”Kasih” ALARM Khusus untuk Pemprov Jawa Barat

BANDUNG – BPJS Kesehatan Kepwil Jabar memberikan hibah berupa Klinik Digital dinamakan ALARM (Anjungan Layad Rawat Mandiri) ke Pemerintah Provinsi Jabar. Penyerahan ALARM dilakukan secara simbolis ke Dinas Kesehatan Jawa Barat, Jalan  Pasteur, Rabu (6/1/2021).

Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat, Fachrurrazi mengatakan Inovasi-inovasi yang digagas oleh Gubernur Jawa Barat dalam bidang kesehatan ini, sangat menginspirasi pihaknya untuk berperan aktif dalam memberikan dukungan seoptimal mungkin melalui sarana yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat, pemerintah dan stakeholder.

”Tentunya dalam mengajak masyarakat untuk berpola hidup sehat, mengenali kondisi tubuh saat ini melalui skrining kesehatan serta melakukan pencegahan dini terhadap berbagai penyakit, melalui pemanfatan teknologi yang dirancang khusus yaitu ALARM. Ini adalah sebuah karya inovasi yang diharapkan berfungsi seperti klinik digital di masa akan datang,” papar Fachrurrazi.

Fachrurrazi memerinci, Program ALARM ini, berbentuk anjungan yang dapat ditempatkan pada titik-titik keramaian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Sehingga dapat secara mandiri melakukan pemeriksaan-pemeriksaan sebagai tinggi badan, berat badan, suhu tubuh, tingkat kegemukan (Fat Mass), berat masa tubuh (Body Mass), Body Mass Index (BMI), Basal Metabolic Rate (BMR), kadar oksigen dalam tubuh, Heart Rate/Detak jantung, hingga tekanan darah.

”Data-data dalam ALARM ini dapat digunakan oleh masyarakat secara mandiri dengan membaca analisis kesehatan yang tertera di layar ataupun dengan mencetaknya,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika menjelaskan, dengan adanya ALARM ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk berpola hidup sehat. Tentunya, juga selalu memeriksaan kesehatannya secara mandiri sebagai upaya promotif preventif.

”Program ALARM yang dihibahkan ini, oleh BPJS Kesehatan Kepwil Jawa Barat ini, merupakan prototipe. Nantinya, diharapkan bisa dikembangkan atau diperbanyak melalui skema CSR dan ditempatkan di kantor-kantor Pemerintahan dan fasilitas umum lainnya,” jelasnya.

”Program ALARM ini, bisa dimanfaatkan dan dijaga bersama oleh semua kalangan khususnya oleh masyarakat Jawa Barat. Sehingga dapat bermanfaat dalam waktu jangka panjang untuk ke depannya,” tandasnya. (rls)

Tinggalkan Balasan