Keterlaluan! Kendaraan Damkar Dihalangi Mobil Pribadi Saat Menuju Lokasi Kebakaran

PADALARANG – Video mobil pemadam kebakaran Kabupaten Bandung Barat (KBB) dihalang-halangi oleh mobil pribadi milik saat akan menuju ke lokasi kebakaran melalui Jalan Raya Padalarang, beberapa waktu lalu, viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 36 detik yang diunggah akun instagram @damkarbandungbarat itu menunjukkan mobil pemadam kebakaran terjebak kemacetan.

Petugas melalui pengeras suara meminta kendaraan untuk menepi ke kiri. Setelah sejumlah kendaraan menepi, namun ada satu mobil minibus berwarna putih yang masih menghalangi laju kendaraan pemadam kebakaran hingga diteriaki petugas.

Komandan Peleton (Danton) Damkar KBB Yadi Supriadi mengatakan video tersebut diambil oleh salah seorang anak buahnya saat akan menuju ke lokasi kebakaran di Padalarang beberapa hari lalu.

“Jadi kondisinya sedang macet sementara kami mau menuju lokasi kebakaran melakukan penanganan. Mungkin mobil itu tidak berniat menghalangi dan bingung juga, positif saja dulu,” ungkap Yadi saat dihubungi, Jumat (19/6).

Menurut Yadi seharusnya masyarakat pengendara memprioritaskan kendaraan seperti Pemadam Kebakaran, Ambulans, dan iring-iringan pejabat serta kepolisian yang memiliki urgensi tersendiri.

“Kan sudah terdengar suara sirine dan bisa dilihat dari spion kalau ada kendaraan yang dikhususkan terutama pemadam kebakaran, jadi bisa langsung menepi tanpa harus diklakson terus-terusan. Tapi kemarin kondisinya mobil itu terus menghalangi,” terangnya.

Hal tersebut menjadi satu kendala tersendiri saat petugas pemadam kebakaran akan melaksanakan tugas pemadaman padahal berhubungan dengan nasib seseorang yang jadi korban kebakaran.

“Kami kan dikejar waktu saat menuju ke lokasi kebakaran, jadi kalau terhambat seperti itu kadang petugas bisa emosi juga. Kami kan berusaha menyelamatkan nyawa dan harta benda korban kebakaran,” tandasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan