oleh

Korban Kebakaran Ingin Kembali Bangun Rumah

jabarekspres.com, SOREANG -Pemerintah Kabupaten Bandung menyerahkan bantuan darurat kepada korban kebakaran di Kampung Jambuaer RT 4 RW 5 Desa Sukanagara Kecamatan Soreang. Selain bantuan kebutuhan sehari-hari, para korban kebakaran ini juga mendapatkan bantuan swadaya dari warga sekitar berupa pakaian layak, makanan dan peralatan memasak.

Camat Soreang, Rusli Baijuri mengatakan, pasca musibah kebakaran yang menimpa lima rumah milik warga di kampung tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Untuk penanganan sementara, pihaknya memberikan bantuan berupa makanan, peralatan masak, selimut, seragam sekolah dan lainnya. Semua bantuan diserahkan kepada warga melalui Ketua RW 5,  untuk diteruskan kepada lima Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya ludes terbakar pada Minggu (2/7) lalu.

Baca Juga:  Jalan Rusak di Cileunyi Kabupaten Bandung Belum Juga Diperbaiki, Begini Tanggapan Kades

“Kami memberikan bantuan yang bersifat sementara. Yakni berupa bantuan makanan, peralatan masak dan lainnya. Bantuan ini kami berikan karena memang jadi kebutuhan mendesak bagi para korban ini,”kata Rusli usai menyerahkan bantuan, Senin (3/7)

Rusli mengatakan, untuk pemberian bantuan pembangunan kembali rumah milik para korban. Pemerintah Kabupaten Bandung tidak bisa langsung memberikannya, karena harus melalui pengajuan dalam pembahasan anggaran.

“Untuk bantuan pembangunan kembali rumah para korban ini tentu tidak bisa langsung diberikan, tapi harus melalui pengajuan dulu. Untuk sekarang kami dahulukan bantuan yang mendesak seperti kebutuhan makanan dan lainnya. Bantuan makanan ini juga jika dibutuhkan bisa kami ajukan kembali kepada Pemkab Bandung agar ditambah,”ujarnya.

Baca Juga:  Jalan Rusak di Cileunyi Kabupaten Bandung Belum Juga Diperbaiki, Begini Tanggapan Kades

Musibah kebakaran seperti ini katanya, sering terjadi selama bulan puasa dan lebaran. Ini terjadi seiring meningkatnya aktivitas warga, seperti menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka serta persiapan lainnya. Sehingga, pihaknya selalu mengingatkan warga agar selalu waspada dan berhati-hati.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.