Telat, Gerbang Pemkab Digembok

jabarekspres.com, SUMEDANG – Hari pertama masuk kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Sumedang, diwarnai insiden memalukan. Sebagian ASN tak bisa masuk kerja gara-gara gerbang Gedung Induk Pusat Pemerintahan digembok Satpol PP.

Kegiatan diawali dengan menggelar apel besar gabungan lintas intansi pemerintah dan SKPD, di lapangan upacara Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kab. Sumedang.

Beberapa yang tertahan diantaranya ada beberapa Esselon dua yang terlambat mengikuti apel.

Salah seorang ASN yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, alasan terlambat dikarenakan terjadi kemacetan dan jarak tempuh dari tempat tinggalnya ke IPP cukup jauh.

“Saya diperintah untuk ikut Apel di sini sama pa Kadis. Sebetulnya saya tidak berkantor disini, cuma kebetulan saja saya giliran jadi perwakilan,” terangnya.

Bupati Sumedang mengatakan, dihari pertama masuk kerja ini, pihaknya sudah memerintahkan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan daerah untuk melakukan evaluasi kehadiran di tiap-tiap SKPD. Sebab, sudah menjadi stigma di masyarakat bahwa setiap pertama masuk kerja banyak pegawai yang bolos atau disiplin berkurang.

“Saya sudah perintahkan BKD dan Pol PP untuk mengecek semua kehadiran di setiap SKPD untuk dievaluasi,” terang Bupati Eka Setiawan, saat diwawancara.

Menurut Bupati, ketika tercatat ada yang tidak hadir, maka akan langsung dtindak lanjuti dan dipastikan akan mendapatkan sanksi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan yakni sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai.

Tak hanya itu, Bupati juga turun langsung mengecek secara random kehadiran di SKPD.

“Jadi ada beberapa tim, kami membagi tugas untuk mengecek ke tiap SKPD,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BKPP Endi Ruslan mengungkapkan tidak ada alasan bagi setiap ASN untuk terlambat ataupun bolos selama libur dan cuti bersama. Sebab, jatah hari liburnya terhitung lebih panjang dari biasanya yakni seminggu lebih.

Dia menekankan kepada setiap ASN untuk bisa merubah paradigma masyarakat yang sering menilai banyak ASN yang bolos kerja atau terlambat masuk kerja di hari pertama kerja.

“Liburnya kan lumayan panjang dari tahun sebelumnya. untuk itu tidak ada alasan apapun kecuali sakit. Sebagai ASN harus kita tunjukan bekerja disiplin, dan tentunya disiplin waktu, “ kata Endi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan