oleh

Minggu Ini, Prototype Metro Kapsul Dipajang

jabarekspres.com, SUMUR BANDUNG – Moda transportasi masal Light Rail Transit (LRT) tipe Metro Kapsul akan segera dibangun di Kota Bandung. Minggu ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjanjikan akan memajang prototype Metro Kapsul di Alun-alun Kota Bandung.

”Nanti minggu depan prototype LRT Metro Kapsul akan dipasang di Alun-alun. Jadi nanti masyarakat bisa mencoba,” ujar Emil –sapaan Ridwan Kamil- di Pendopo Kota Bandung belum lama ini.

Emil mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat dengan Kementrian Perhubungan beberapa waktu lalu, peletakan batu pertama akan dilakukan dalam dua bulan ke depan.

”Dalam dua bulan mulai konstruksi jalur LRT dengan teknologi metro kapsul. Mudah-mudahan menjadi solusi transportasi massal mengganti motor dan mobil,” kata Emil.

LRT Metro Kapsul tersebut merupakan teknologi transportasi asal Indonesia. Salah satu pembuatnya ada di daerah Subang. Rencananya proyek percontohan tersebut akan dibangun dua tahap dengan total panjang 6 kilometer.

Alhamdulillah mimpi panjang kita selama ini mengenai model transportasi masal modern yang dinamakan LRT sudah semakin dekat. Salah satunya menghubungkan Sabuga yang berada di utara dengan Leuwipanjang yang berada di selatan,” ucapnya.

Dia menuturkan, biaya produksi yang dikeluarkan jauh lebih murah, karena 95 persen kontennya asli Indonesia. Dibandingkan dengan LRT di Jabodetabek anggarannya lebih hemat 70 persen. Dirinya mengungkapkan, metro kapsul ini akan menghabiskan dana Rp 1 triluin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga