oleh

Bank Komitmen Bunga Single Digit

bandungekspres.co.id – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) berkomitmen memenuhi kebijakan bunga kredit single digit dan batas atas (capping) bunga deposito. BCA bahkan percaya diri mampu mematok bunga deposito 5,75 persen atau di bawah bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate).

Direktur Utama BBCA Jahja Setiaatmadja menyatakan, selama delapan bulan terakhir 2015, pihaknya telah memangkas bunga deposito masing-masing 0,25 basis point. Secara total, bunga instrument special rate telah berkurang 2 persen, yakni dari 7,75 persen menjadi 5,75 persen.

Baca Juga:  Perlu Perhatian Lahan, Parkir Liar di Cicalengka Semakin Menjamur

”Sementara ini, kita bertahan di 5,75 persen dulu. Itu saja sudah minus 1,25 persen dari BI Rate (level 7 persen),” katanya dalam paparan kinerja 2015 di Hotel Kempinsky, Jakarta, kemarin.

Karena sudah menjadi bunga paling rendah daripada industri, BCA tidak mungkin lagi menurunkan lebih jauh. Lagi pula, bunga deposito tersebut sudah lebih rendah dari batas atas bunga deposito bagi bank Buku IV (modal inti Rp 5 triliun-Rp 30 triliun) sebesar maksimal 7,75 persen.

Baca Juga:  Pemerintah Kota Cimahi Lelang 37 Mobil Dinas

Jahja menyadari bunga deposito BBCA menjadi kurang menarik dan nasabah berpotensi berpindah ke bank lain yang menawarkan bunga lebih tinggi, yakni 8-9 persen.

Implikasinya, sepanjang 2015, dana deposito di BBCA hanya mampu tumbuh 1,7 persen menjadi Rp 113,4 triliun. Itu adalah pertumbuhan terendah dari semua pos pendapatan perseroan.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga