oleh

Buang Sampah Sembarangan, Ancam Denda Rp 50 Juta

 

CIMAHI – Dinas kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi mengancam akan memberikan sanksi kepada warga yang tertanggap tangan membuang sampah sembarang. Ancaman dilakukan berkaca dari banyaknya sampah yang berserakan di pinggir jalan.

Dari pantauan, ruas jalan di daerah Cibaligo, yang menghubungkan jalur Melong, Baros dan Cimindi tampak tumpukan sampah yang tercecer.

Kebanyakan sampah tersebut berasal dari sampah rumah tangga yang dibungkus dengan kantong plastik. Selain membuat kondisi jalan menjadi tampak kumuh, sampah itu bisa menimbulkan penyakit. Sebab lalat terlihat mengerubuti gundukan sampah tersebut.

Baca Juga:  Disdukcapil Cimahi Lakukan Inovasi Terbaru One Day Service 3 in 1

Kabid kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi Ade Ruhiyat menyayangkan masih banyaknya masyarakat yang tidak peduli pada kebersihan.

”Harusnya sampah itu dibuang di TPS (tempat pembungan sementara). Jangan asal buang saja,” tegasnya.

Dikatakan Ade, untuk menindak masyarakat yang membuang sampah sembarangan, pihaknya akan melakukan operasi tangkap tangan. Masyarakat yang membuang sampah sembarangan bisa dikenai sanksi tipiring karena melanggar Perda No. 16/2011 tentang pengolahan sampah.

Baca Juga:  Porda 2022, Tim Bola Voli Kabupaten Bandung Targetkan Emas

”Kita sedang survei kelapangan apa yang jadi permasalahan hingga masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Dalam operasi tangan, DKP sendiri akan bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi. Operasi ini dilakukan agar ada efek jera kepada oknum masyarakat yang seenaknya membuang sampah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga