72

Lembaran Baru Tanpa Atep

Skuad Maung Bandung Rombak Pemain dan Asisten Pelatih

Atep Rizal

BANDUNG – Persib Bandung memastikan tidak lagi menggunakan jasa Atep Rizal dan Airlangga Sutjipto untuk musim depan. Selain Atep, tiga pemain lain juga terdepak dari skuad Persib musim 2019.

Para pemain yang terdepak antara lain, Tony Sucipto, Imam Arief Fadillah dan Eka Ramdani yang memutuskan gantung sepatu.

Dengan demikian, total sudah delapan pemain yang dilepas atau memutuskan hengkang dari Persib. Sebelumnya, Oh In-kyun dan Jonathan Bauman tak diperpanjang kontraknya. Termasuk Victor Igbonefo yang memutuskan pergi dan gabung ke klub Liga Thailand, PTT Rayong.

”Untuk pemain yang dilepas adalah Tony Sucipto, Airlangga Sutjipto, Eka Ramdani (pensiun), Imam Arief, dan Atep. Jadi ada lima pemain yang kami lepas untuk musim depan,” kata Komisaris PT PBB, Kuswara S. Taryono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, kemarin (13/1).

Kuswara tak memerinci, alasan di balik keputusan klub. Namun dia memastikan, hal itu sudah menjadi pertimbangan dari beragam sudut pandang. ”Kurang tepat disampaikan di sini. Tapi yang pasti pelatih sudah mempertimbangkan dari berbagai sudut,” jelas Kuswara.

Sosok yang juga berprofesi sebagai pengacara itu melanjutkan, untuk pemain lainnya masih berstatus sebagai pemain Persib lantaran masih terikat kontrak. Namun Kuswara tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada beberapa pemain lain yang akan dilepas Persib.

Menurutnya semua tergantung pada hasil pengamatan pelatih Miljan Radovic yang mulai bekerja memimpin persiapan pra-musim Persib, hari ini (14/1)

”Para pemain lain, untuk sementara ini tidak ada perubahan. Semua masih terikat kontrak. Oleh karena itu baru segitu dulu yang bisa kami umumkan,” tukasnya.

Di balik hengkangnya skuad lawas,  Persib Bandung menampung tiga pemain eks PSMS Medan yakni Abdul Aziz, Frets Butuan dan Erwin Ramdani.

Bersama Persib, ketiga pemain tersebut diikat kontrak selama dua tahun.”Frets Butuan, Erwin Ramdani, Abdul Aziz. Ketiganya kita kontrak selama durasi dua tahun,” ujar Kuswara.

Lebih lanjut, Kuswara mengatakan bahwa keputusan merekrut ketiganya merupakan rekomendasi dari pelatih utama Miljan Radovic. Manajemen hanya bertugas mengeksekusi.

”Semua pemain ini telah mendapatkan rekomendasi pelatih. Ini merupakan hasil bersama di jajaran PT Persib Bandung Bermartabat (PBB),” terangnya.

Sementara untuk pemain asing, Kuswara menegaskan tidak ada perubahan. Manajemen tetap sepakat mendatangkan Esteban Vizcarra dan Srdan Lopicic.

”Empat orang pemain asing sebelumnya tidak ada perubahan. Kita tetap mempertahankan Bojan Malisic, Ezechiel N’Douassel dan mendatangkan Esteban Vizcarra (pemain naturalisasi) dan Lopicic,” paparnya.

Sebelumnya, Persib telah mengamankan tiga peman asing non Asia. Di antaranya adalah Bojan Malisic, Ezechiel N’Dousell, dan Srdjan Lopicic.

Namun, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S. Taryono memastikan klubnya akan mengalihkan fokus untuk mendapatkan tiga pemain Asia. Persib akan memutuskan secepatnya salah satu dari tiga pemain bidikan tersebut untuk segera bergabung.

”Pemain untuk slot Asia sedang dimatakangkan, ini menyusul. Ada dua atau tiga opsi untuk pemain asing Asia,” jelasnya.

Kuswara enggan membeberkan nama-nama pemain Asia yang tengah dibidik termasuk posisi yang dibutuhkan. Sebab, pemain tersebut masih terikat kontrak dengan klub lainnya. Sehingga Persib lebih memilih menahan diri. ”Nanti kalau sudah positif, kami sampaikan,” sambungnya.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung Miljan Radovic menuturkan, dalam menentukan pemain asing Asia tidak mudah. Sebab, Radovic menginginkan pemain yang berkualitas agar skuad Maung Bandung bisa sempurna di musim 2019 ini. ”Nanti, saya belum bisa katakan sekarang. Karena saya ingin pemain bagus,” tegas Radovic.

Tidak hanya skuad di lapangan, di tataran teknis, Persib Bandung hanya mempertahankan asisten pelatih fisik Yaya Sunarya untuk mengarungi musim 2019. Sedangkan dua asisten lainnya telah didepak. Salah satunya mantan kiper legendaris Persib, Anwar Sanusi.

Sebelumnya, Persib mendepak Fernando Soler bersamaan pelatih kepala Mario Gomez usai kompetisi 2018 berakhir. Pergantian pelatih kepala yang dipercayakan kepada Miljan Radovic pun membuat nama-mana kursi asisten berubah.

”Kami umumkan asisten pelatih untuk musim ini yaitu Yaya Sunarya tetap tidak ada perubahan sebagai asisten pelatih fisik. Terus Budiman, Gatot Prasetyo sebagai asisten pelatih kiper dan dari asing Dejan Miljanic dari Montenegro,” paparnya.

Kuswara mengatakan, para asisten tersebut akan berjibaku bersama Radovic untuk meracik penggawa Persib musim ini. Pemilihan asisten pun, lanjut Kuswara, merupakan rekomendasi dari Radovic yang memiliki kekuasaan penuh untuk menentukan.

Sementara itu, untuk asisten pelatih Budiman merupakan promosi yang sebelumnya membesut Persib U-19 dan berhasil membawa gelar juara Liga 1 Indonesia U-19 musim 2018. Sedangkan Gatot Prasetyo merupakan mantan asisten pelatih kiper di tim nasional Indonesia U-16 bersama pelatih kepala Fachri Husaini.

Untuk Dejan Miljanic, adalah sosok baru asisten pelatih yang dibawa langsung oleh Radovic dari Montenegro. Pria 42 tahun itu merupakan mantan pemain yang pernah membela klub asal Malaysia, My Team FC. (bbs/lie/rie)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.