1.300 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Pengamanan Persib vs Persija

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Sebanyak 1.300 personel gabungan yang meliputi unsur TNI, Polri, dan beberapa unsur lainnya akan dikerahkan oleh Polda Jabar untuk melakukan pengamanan dalam laga Persib Bandung vs Persija Jakarta pada tangal 9 Maret 2023 nanti di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham Abast menyebut, meskipun belum ada keputusan secara resmi laga tersebut dapat dihadiri oleh penonton atau tidak, pihaknya akan tetap melakukan pengamanan secara maksimal.

“Sesuai hasil koordinasi dengan panitia penyelenggara pertandingan, maka nantinya Polda Jawa Barat, Polresta Bandung, dan beberapa instansi terkait seperti TNI, Dishub, Satpol PP, dan Dinas Pemadam Kebakaran, kita akan tetap melakukan pengamanan pertandingan sepakbola antara Persib vs Persija secara maksimal,” ucapnya saat dikonfimasi oleh Jabar Ekspres, Kamis (7/3).

BACA JUGA: Stefano Beltrame Pede Tatap El Classico Pertama

Dalam pengamanannya, Abraham menambahkan bahwa petugas di lapangan nantinya akan melakukan dengan cara sistem zonasi pengecekan. Dimana untuk zona 1, kata dia, akan ada petugas yang mengamankan seperti di dalam stadion maupun tribun penonton.

“Itu dilakukan oleh Stewards dari Panitia Pelaksana. Sementara untuk zona 2 itu kita lakukan (pengamanan) di lingkungan stadion dan akan dilakukan oleh personel gabungan dari kepolisian, unsur TNI dan instansi terkait,” ucapnya

Sedangankan untuk zona 3, Abraham meyebut proses pengamanan akan dilakukan di pintu masuk stadion dengan melibatkan dari petugas gabungan sepert Brimob, K9, dan instasi lainnya.

“Ini hampir sama dengan personil di zona 2. Dan yang terakhir di zona 4 atau di jalur depan stadion dan area parkir, pengamanan akan dilakuan oleh personel gabungan dari kepolisan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Polda Jabar Gelar Rekonstruksi Indriana Dewi, 24 Adegan Ditampilkan

Sementara itu, Vice President Operational PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Andang Ruhiat menyebut sampai saat ini pihak masih menunggu hasil keputusan dari Komite Banding (Komding) PSSI terkait izin menghadirkan penonton dalam laga melawan Persija Jakarta nanti.

Pasalnya diketahui, Persib Bandung kini tengah mendapatkan sanksi larangan 1 pertandingan kandang dengan penonton oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI dikarenakan adanya tingkah laku buruk pentonton yang terjadi saat laga kandang melawan PSIS Semarang pada tanggal 1 Maret 2024 lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan