Kinerja Rene Mendapat Acungan Jempol

BANDUNG – Tren positif dan terus meningkatnya permainan Persib di Liga 1 2019 mendapat banyak acungan jempol. Sempat terseok-seok diputaran pertama, kini kinerja Pelatih Kepala Tim Maung Bandung Robert Rene Alberts mulai memerlihatkan kemampuannya meracik tim. Hal itu terlihat dengan semakin membaiknya posisi klasemen.

Bahkan dengan posisi keenam sekarang, Persib masih berpeluang untuk mengakhiri kompetisi di posisi runner up. Pasalnya poin yang dimiliki Pangeran Biru ini hanya berbeda empat poin saja dengan Persipura yang bercokol diposisi kedua.

Mantan pemain sekaligus legenda Persib yang membawa juara Maung Bandung 1994-1995, Yudi Guntara mengamati progres baik dari tim yang diasuh Robert Alberts tersebut. Menurutnya, tidak mudah untuk pelatih asal Belanda itu menangani tim yang sepekan lagi berkompetisi mengganti kursi pelatih yang ditinggalkan Miljan Radovic. Pemain bukan pilihannya, penerapan taktik berbeda, dan cara melatih yang berbeda.

”Saya waktu launching (Persib) menyampaikan skuat ini bagus, tinggal cari pengganti Bauman dan In-Kyun (pemain asing Persib sebelumnya). Terbukti saat pelatih Radovic kurang tepat memilih pemain asingnya,” kata Yudi, dilansir dari simamaung.com.

”Sehingga ketika masuk coach Alberts menjelang pertandingan di liga pertama itu seminggu. Istilahnya coach Alberts buta dan banyak laga yang akhirnya dijadikan uji coba. Banyak putaran pertama laga dijadikan uji coba. Beckham dipasang, Zola dipasang, Kim dipasang,” imbuhnya.

Yudi mengakui jika jendela transfer tengah musim benar-benar dimaksimalkan Robert Alberts untuk mengganti pemain asingnya. Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Arthur Gevorkyan pilihan Radovic digantinya dengan Nick Kuipers, Omid Nazari, serta Kevin Van Kippersluis.

Pergantian tersebut, lanjut Yudi, akhirnya berjalan sesuai rencana. Ketiga pemain asing yang didatangkan Robert pun mampu mengubah irama permainan Persib dan memperbaiki hasil. Sejalan dengan itu, Robert mulai menemukan pondasi dari tim utamanya sekarang dan menuai tren positif.

”Sekarang di putaran kedua ini sudah kelihatan, sudah beradaptasi, sudah terlihat pemain mana yang sudah tepat bagi coach Robert,” jelasnya.

Kendati demikian, Yudi berharap para pemain tidak terlena dengan tren positif ini. Sebab, bisa saja tim lain dibawah Persib menyalip karena sisa permainan yang dijalankan Persib terus menuai kekalahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan