Mengenal Self Acceptance untuk Ketenangan Hati, Ini Tips Melakukannya! 

JABAR EKSPRES – Banyak yang masih asing dengan istilah self acceptance. Istilah ini mengacu pada penerimaan diri, sehingga seseorang merasa cukup dengan dirinya. Sayangnya, meski mudah dikatakan, namun masih banyak orang yang tak bisa melakukannya. 

Hal ini terlihat dengan banyaknya emosi negatif yang muncul karena tak menerima diri sendiri. Apabila Anda merasakan hal yang sama, tips dan langkah-langkah berikut ini bisa Anda upayakan. 

Mengenal Arti dari Self Acceptance 

Melihat dari bahasanya, self acceptance adalah kemampuan untuk menerima diri sebagaimana adanya. Penerimaan tersebut tak hanya kelebihan yang dimiliki saja, tapi juga kekurangan diri. Penerimaan bisa berupa sifat, perasaan, maupun penampilan fisik. 

Ketika melakukan penerimaan diri, penghakiman pada diri sendiri pun tak boleh dilakukan. Karena setiap orang memang memiliki kelebihan serta kekurangan, dan hal tersebut merupakan hal yang wajar. Ketika melakukan self acceptance, maka seseorang menerima dirinya secara utuh. 

Praktik dari penerimaan diri bukanlah hal yang mudah. Ia bisa menjadi tantangan tersendiri untuk siapapun yang belum pernah melakukannya. Namun dengan melakukannya, maka kesehatan mental dan kebahagiaan diri bisa tercapai. 

BACA JUGA: Ikuti Tes Kesehatan Mental Via Link Online Berikut Ini!

Mengapa Self Acceptance Penting?

Bukan tanpa alasan mengapa self acceptance menjadi langkah penting untuk dilakukan agar kesehatan mental terjaga. Pasalnya, penerimaan pada diri sendiri bisa membuat seseorang merasa lebih puas, percaya diri, serta tidak terjebak dalam tekanan. 

Seseorang yang melakukan self acceptance juga punya hubungan yang lebih sehat dengan dirinya sendiri. Karena mereka bisa mengurangi tingkat stress dan kecemasan secara signifikan. Ketika melakukan penerimaan diri, tekanan batin akan dilepaskan dan berganti menjadi fokus ke kebahagiaan diri. 

Meski menerima diri sendiri, bukan berarti seseorang berhenti untuk berkembang. Mereka yang melakukan self acceptance juga tetap bisa memperbaiki diri dan menjadi pribadi yang lebih baik. Selama prosesnya, mereka tak akan mengalami masalah mental karena mereka tak terus menerus mengkritik diri sendiri. 

Bagaimana Cara Membangun Self Acceptance?

Tertarik untuk melakukan self acceptance? Langkah-langkah ini bisa Anda lakukan. Tak harus langsung melakukannya sekaligus, bisa melakukannya satu persatu sesuai kemampuan diri. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan