5 Tahun Program Innovillage sebagai Aksi Nyata Menuju Indonesia Emas 2045

JABAR EKSPRES – Telkom Indonesia kembali mengadakan program Innovillage sebagai wadah untuk generasi muda, khususnya mahasiswa, dalam berinovasi untuk keberlanjutan. Program yang memasuki tahun kelimanya ini diadakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Senin, 14 Oktober 2024.

Innovillage 2024 mengusung tema besar “5th Innovillage: Keberlanjutan Inovasi untuk Membangun Negeri” dengan tujuan membangun inovasi sosial yang mampu mengatasi berbagai tantangan sosial dan ekonomi di masyarakat, terutama di wilayah tertinggal.

Senior Manager Sustainable Development Goals (SDGs) Unit Social Responsibility Center (SRC) Telkom Indonesia, Suharsono, menyatakan bahwa selama lima tahun terakhir, Innovillage menjadi wadah yang tidak tergantikan bagi sociopreneur muda dalam mewujudkan inovasi yang berdampak nyata. “Program ini berkomitmen untuk mengembangkan solusi berbasis teknologi yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan, memperkuat peran generasi muda sebagai agen perubahan sosial,” ujar Suharsono.

Pada tahun ini, Innovillage 2024 memperkenalkan tiga nilai utama dalam brand barunya, yaitu “Personalize, Proud Ecosystem, dan National Asset.” Menurut Suharsono, branding ini mencerminkan pentingnya inovasi yang sesuai dengan kebutuhan spesifik masyarakat, membangun ekosistem inovasi yang solid, serta menghasilkan solusi yang diakui sebagai aset nasional. “Solusi yang dihasilkan harus menyesuaikan kebutuhan spesifik masyarakat, sehingga menciptakan dampak yang lebih tepat guna dan berkelanjutan,” jelasnya.

Prof. Dr. Adiwijaya, Rektor Telkom University, menyampaikan bahwa Innovillage 2024 adalah langkah awal dalam memperkenalkan dan membuka pendaftaran kompetisi kepada publik, khususnya mahasiswa dan akademisi.

“Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya inovasi digital dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan mempromosikan Innovillage sebagai platform bagi talenta muda Indonesia,” ujar Prof. Adiwijaya. Ia menekankan bahwa program ini merupakan wujud nyata aksi bersama menuju Indonesia Emas 2045 dan sejalan dengan visi Telkom University sebagai national excellence entrepreneurial university yang berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pada edisi tahun ini, peserta dapat memilih dua kategori dalam social project yang diajukan, yaitu kategori dampak sosial keberlanjutan dan kategori inovasi untuk menciptakan nilai bersama. “Inovasi yang dihasilkan tidak hanya berfokus pada penyelesaian masalah jangka pendek, tetapi juga menciptakan dampak jangka panjang yang memberdayakan komunitas lokal,” jelas Suharsono.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan