Food Court Terminal Tipe A Kota Banjar Terbakar

JABAR EKSPRES – Kebakaran terjadi di Mal Pelayanan Publik (MPP) Terminal Tipe A Kota Banjar, Jawa Barat, pada Kamis, 3 Oktober 2024. Menurut informasi yang diperoleh dari petugas pemadam kebakaran, insiden ini terjadi sekitar pukul 10.05 WIB, kebakaran berawal dari salah satu dapur food court yang berada di lokasi tersebut.

Komandan Regu Damkar Kota Banjar, Tugiman, saat ditemui di lokasi kejadian, menjelaskan bahwa objek yang terbakar merupakan dapur berukuran 2×2 meter.

“Api berhasil dijinakan dengan cepat. Kebetulan lokasinya dekat dengan kantor damkar, sehingga respon kami sangat cepat,” ungkap Tugiman.

BACA JUGA: Calon Walikota Bambang Hidayah akan Jadikan Citanduy Wisata Susur Sungai

Ia menambahkan bahwa kebakaran terjadi ketika seorang pedagang sedang memasak makanan kue/donat menggunakan oven.

“Berdasarkan dugaan sementara, kebakaran ini disebabkan oleh selang gas yang bocor. Api berhasil dijinakan dengan menggunakan dua alat pemadam api ringan (APAR) milik kantor terminal dan satu unit mobil damkar yang stand by di bawah,” jelasnya.

Tugiman juga memastikan bahwa tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. “Tidak ada yang terluka. Untuk kerugian material, kami taksir sekitar 3 sampai 4 juta rupiah,” pungkasnya.

BACA JUGA: Atasi Permasalahan Kota Cimahi, Dikdik-Bagja Siapkan 24 Program

Petugas damkar menghimbau kepada para pedagang dan pengunjung untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan peralatan yang melibatkan api dan gas, serta selalu memeriksa kondisi peralatan sebelum digunakan.

“Pihak terminal juga harus melakukan evaluasi terkait prosedur keselamatan dan penanganan kebakaran di area food court untuk mencegah kejadian serupa di masa yang akan datang. Diharapkan, dengan adanya peningkatan kesadaran dan kewaspadaan, insiden kebakaran dapat diminimalisir demi keselamatan bersama,” katanya. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan