Hasil Produk UMKM Lokal Harus Bisa Bersaing dengan Luar Negeri

JABAR EKSPRES – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dinilai dapat mendorong pemberdayaan masyarakat hingga peningkatan ekonomi lokal.

Hal tersebut diakui oleh dua orang kontestan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dari Partai Golkar, yakni Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Erwan Setiawan dan Calon Bupati Kabupaten Bandung, Sahrul Gunawan saat keduanya mendatangi pelaku UMKM di wilayah Desa Cileunyi Kulon, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung pada Selasa (1/10).

Erwan mengatakan, pelaku UMKM harus didorong dan dilindungi agar tidak kalah saing dengan produk luar negeri yang masuk melalui pasar online.

“Sehingga produk UMKM kita tidak hanya dijual di Indonesia, tapi kita juga bisa ekspor keluar,” katanya di Pabrik Kerudung dan Kain Nenden Nugraha.

BACA JUGA: Silaturahmi Ke PD Persis Kota Bandung, Arfi Diminta Berantas Peredaran Minuman Beralkohol

Apabila memang takdirnya terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat, Erwan berencana menyediakan ruang dan wadah, bagi para pelaku UMKM lokal.

“Termasuk membantu marketing dan pengemasan agar bisa diekspor ke luar negeri,” terangnya.

Menurutnya, faktor penting dalam upaya memasarkan produk lokal agar dapat dijual ke luar negeri, salah satunya di teknik marketing.

“Nanti kita bantu marketingnya, cara pengemasannya insya Allah, karena kalau di daerah saja nggak akan berkembang,” jelasnya.

Erwan berharap, produk-produk UMKM tak hanya dapat dinikmati atau digunakan oleh warga lokal, melainkan bisa dirasakan juga oleh masyarakat luar negeri.

BACA JUGA: Fakta Klarifikasi Pasya Pratiwi Terkait video Viral yang Beredar, Benarkah Hoax?

“Yang merasakan hasil produk kita hanya masyarakat setempat, jadi nggak akan berkembang,” bebernya.

Sebagai contoh kasus, para pelaku usaha lokal di Kabupaten Sumedang telah dibangun sentra UMKM di Gedung Technolife Desa Cibeusi, Kecamatan Jatinangor.

Ke depannya pihaknya akan menyediakan empat lokasi rest area di sepanjang Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan).

Erwan mengungkapkan, para pelaku UMKM lokal di Jawa Barat, harus bisa dijajakan di setiap rest area Tol Cisumdawu, dengan presentase 70 persen.

“Insya Allah jika saya terpilih sebagai Wakil Gubernur Jabar, akan disediakan rest area 2 tipe A dan 2 area tipe B. Nah nanti di sana bisa diisi oleh pelaku UMKM lokal Jawa Barat, minimal 70 persen dan sisanya produk luar Jawa Barat,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan