West Java Festival 2024: Hadirkan Pameran Gim, Aplikasi, dan Animasi Keren

JABAR EKSPRES, Kota Bandung — Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan menyelenggarakan konferensi dan pameran (COFEX) yang akan menampilkan produk-produk kreatif gim, aplikasi, dan animasi keren di Gedung Sate, Kota Bandung, pada 21-24 Agustus 2024.

Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar mengemukakan, konferensi dan pameran itu merupakan bagian dari rangkaian acara West Java Festival (WJF) dan Connecti:City serta menjadi perwujudan kampanye Bangga Buatan Indonesia (BBI).

“COFEX ini merupakan rangkaian WJF dan Connecti:City yang menyediakan forum seminar serta matchmaking antara industri dan pelaku ekonomi kreatif untuk mendukung pertumbuhan daya saing produk dalam negeri. Ajang ini juga menjadi sarana mempromosikan inovasi dan kreativitas produk-produk lokal, khususnya di subsektor animasi, gim, dan aplikasi,” ujar Benny Bachtiar di Kota Bandung, Selasa (20/8/2024).

Ia menuturkan pula, pameran tersebut dilaksanakan untuk mendukung percepatan pengembangan gim nasional sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional serta meningkatkan kemitraan para pelaku ekonomi kreatif dengan dunia industri.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Targetkan 65.000 Orang Akan Kunjungi West Java Festival 2024

Selain itu, penyelenggaraan pameran juga ditujukan untuk memperkenalkan gamifikasi dalam membantu efektivitas dan efisiensi proses bisnis perusahaan kepada pelaku industri besar, sekaligus memfasilitasi business matching dan networking antara aplikasi, gim, dan animasi dengan para pelaku industri besar.

Kegiatan tersebut diharapkan turut menciptakan peluang kolaborasi baru saling menguntungkan dan inovatif. Harapannya subsektor aplikasi, gim, dan animasi bisa berkembang lebih pesat sekaligus diminati masyarakat luas yang tentunya akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Ini merupakan langkah strategis dalam menjawab tantangan ketenagakerjaan dan perekonomian di Jawa Barat. Selain itu juga mempersiapkan SDM dan kelembagaan yang lebih siap menghadapi masa depan,” ujar Benny.

Konsep COFEX ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu seminar dan diskusi panel, pameran dan demonstrasi, serta matchmaking dan networking.

Selain itu, akan ditampilkan juga subsektor musik sebagai pendukung subsektor pengembang permainan berupa orkestra (Parchestra) yang membawakan partitur musik gim.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan