Subhanallah di Wilayah Tabuk Arab Saudi Turun Salju!

JABARESKPRES – Fenomena langka telah terjadi di negara Kerajaan Arab Saudi dimana wilayah Jabal Al-Lawz di Tabuk yang dikenal dengan panas dan gersang, kini telah turun salju.

Dilansir dari saudigazette.com, turunnya salju di wilayah Tabuk Arab Saudi untuk ketiga kalinya dengan mengalami penurunan suhu secara drastis.

Untuk pertamakalinya Salju telah turun di pegunungan Al-Lawz pada 27 Desember 2022 yang mengikibatkan kondisi yang tadinya dikenal kering dan panas mendadak berubah dingin.

Meski begitu, penduduk setempat tidak merasa khawatir dengan turunya salju itu. Bahkan menjadikan tempat tersebut sebaga obyek wisata.

Wisatawan dari berbagai daerah di Arab Saudi datang untuk menyaksikan fenomena langka tersebut.

Untuk diketahui, penurunan suhu telah terjadi di Arab Saudi sejak minggu pertama pada 2023 lalu.

Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi menyebutkan suhu di negeri para Nabi itu akan terus mengalami penurunan secara drastis.

‘’Penurunannya akan mencapai antara lima dan nol derajat Celsius,’’tulis laporan itu.

Sebelumnya Salju telah di Pegunungan Trojena untuk kedua kalinya selama bulan Februari.

Trojena, Pegunungan NEOM, terletak 50 km dari Teluk Aqaba di wilayah Tabuk di barat laut Saudi.

Tempat ini merupakan bagian dari proyek kota raksasa NEOM.

Fenomena perubahan iklim, menyebabkan keterlambatan turunnya salju di Trojena selama lebih dari dua bulan dibandingkan tahun lalu.

Hussein Al-Qahtani juru bicara Pusat Meteorologi Nasional (NCM) mengatakan kondisi cuaca di Arab Saudi dianggap sebagai musim dingin hangat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

‘’Tidak ada suhu minimum yang tercatat, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya ketika tercatat tujuh derajat Celsius di bawah nol,’’ kata dia.

Untuk diketahui, ketinggian pegunungan Trojena berkisar antara 1500 meter hingga 2600 meter di atas permukaan laut.

Wilayah ini meliputi area seluas 60 kilometer persegi. Trojena memiliki iklim sedang sepanjang tahun yang rata-rata lebih dingin daripada wilayah lainnya.

Kondisi Suhu dingin akan terjadi di wilayah Tabuk, Al-Jouf, Hail dan wilayah Perbatasan Utara.

Laporan menyebutkan suhu akan mencapai antara lima dan sembilan derajat celsius di wilayah Riyadh, Al-Qassim dan bagian utara Provinsi Timur. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan