Rute Uji Coba Kereta Tanpa Rel di IKN pada 10 Agustus 2024

JABAR EKSPRES – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengumumkan bahwa Autonomous Rail Transit (ART), kereta tanpa rel otonom, akan menjalani uji coba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 10 Agustus 2024.

Uji coba ini menandai langkah besar dalam pengembangan teknologi transportasi masa depan di Indonesia.

Baca juga : 16 Negara Tertarik Gabung Proyek IKN

Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kemenhub, Risal Wasal, mengungkapkan bahwa saat ini DJKA sedang melakukan pengujian internal pada berbagai aspek ART, termasuk sarana, prasarana, dan sumber daya manusia (SDM).

Pengujian ini ditargetkan selesai pada Jumat, 9 Agustus 2024.

“Jika semua berjalan sesuai rencana, ART akan siap diuji coba secara dinamis pada rute pendek pada 10 Agustus 2024,” ujar Risal dalam keterangan resmi pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Rute Uji Coba yang Direncanakan

Rute uji coba melingkar atau loop kecil akan dimulai dari Gedung Kemenko 3, kemudian menuju Gedung Kemenko 2, dan kembali lagi ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Uji coba ini merupakan bagian dari persiapan untuk pengoperasian ART pada upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Uji coba dinamis ini akan berlangsung selama kurang lebih dua bulan. Selama periode ini, DJKA akan mendalami berbagai aspek kelayakan operasi ART.

Setelah fase uji coba, DJKA bersama dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan melakukan evaluasi.

Hasil evaluasi ini akan digunakan untuk persiapan pameran (showcase) ART kepada publik dari 10 Oktober hingga 31 Desember 2024.

Baca juga : Jokowi Tunda Pindah Kantor ke IKN Bulan ini, Kenapa?

Risal menjelaskan bahwa ART akan berhenti di delapan halte yang tersebar di sepanjang ruas utama Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Kereta tanpa rel ini akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, seperti bus rapid transit (BRT), untuk memastikan kemudahan akses dan kenyamanan bagi para pengguna.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan