Ratusan Pegiat Koperasi KBB Dukung Yayat T Soemitra Jadi Bupati

JABAR EKSPRES  – Ratusan pegiat koperasi di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyatakan dukungannya kepada Yayat T. Soemitra untuk maju sebagai calon bupati dalam pilkada 2024.

Mereka menaruh harapan besar kepada mantan wakil bupati Bandung Barat itu, karena dinilai sebagai sosok yang tepat memimpin KBB.

Selain berpengalaman di pemerintahan, pria yang akrab disapa Kang Yayat itu dinilai bertangan dingin dalam urusan bisnis dan konsultan. Ia di antaranya berhasil merekonstruksi Aceh pasca-tsunami dan piawai mengomandani beberapa proyek konsultan, seperti RDTR kawasan Tangerang Raya dan penataan Pantai Indah kapuk.

BACA JUGA: Mobil Pick Up Tabrak Tiang Listrik di Ngamprah, Satu Orang Meninggal Dunia

Selain itu, ia pun pernah menjadi tenaga ahli konsultan dan pengusaha konsorsium konsultan negara-negara Islam. Tak heran, pada 2004 sampai dengan 2014, ia dipercaya menjadi sekretaris jenderal Dewan Pimpinan Nasional Ikatan Tenaga Ahli Konsultan.

Terbaru, Kang Yayat ditunjuk menjadi menjadi komisaris utama PT UPI Edun Indonesia, badan usaha milik Universitas Pendidikan Indonesia.

“Kita butuh pemimpin yang berpengalaman dan selalu amanah dalam menjalankan setiap tugasnya,” ujar Dudi Hidayat, pengurus Koperasi Harapan Keluarga Sejahtera, di sela deklarasi dukungan, Senin (29/7/2024).

BACA JUGA: Pemkot Bogor Pastikan 3200 Guru Ngaji Tercover BPJS Ketenagakerjaan

Menurutnya, Kabupaten Bandung Barat butuh figur seperti Kang Yayat yang sarat pengalaman dan sudah selesai dengan dirinya sendiri, sehingga bila kelak menjadi bupati tidak akan dijadikannya sebagai kesempatan menumpuk kekayaan.

“Kepedulian beliau kepada masyarakat sudah tidak diragukan lagi. Kami merasakan besarnya perhatian beliau terhadap perekonomian masyarakat. Bukan hanya bicara, tapi juga memberikan kemampuan yang dimilikinya agar ekonomi masyarakat terus bergerak. Kami merasakan itu saat membangun koperasi ini,” papar Dudi.

Ia menjelaskan, deklarasi dukungan kepada Kang Yayat dilakukan sebagai bentuk kecintaan kepada daerah dan demi menghidupkan perekonomian berbasis gotong royong melalui koperasi.

BACA JUGA: Cara Daftar Kartu Prakerja 2024 Pakai HP, Siapkan NIK dan KK Langsung Dapat Rp4,2 Juta

Deklarasi tersebut diikuti lebih dari seratus orang dari berbagai latar belakang berbeda, seperti pelaku UMKM, peternak jangkrik, hingga pengepul barang bekas. Dalam kesempatan tersebut dilakukan pula penyerahan Nomor Induk Berusaha dan sertifikat halal agar usaha kecil dan menengah bisa semakin berkembang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan