5 Ide Usaha Kreatif yang Bisa Dilakukan Mahasiswa di Waktu Luang

Modal yang diperlukan untuk melakukan bisnis jasa print dan jilid ini adalah komputer atau laptop dan printer sebagai modal utama. Selain itu, diperlukan juga tinta, kertas HVS, kertas buffalo, kertas mika, dan lakban hitam.

Untuk memudahkan, bisa gunakan sistem email atau media sosial untuk mengirim file. Anda tinggal mencetak dan memberikannya kepada teman di kampus.

5. Jasa Desain Grafis

Kemampuan desain grafis bisa menjadi modal besar untuk memulai bisnis. Mahasiswa jurusan desain atau yang memiliki keterampilan di bidang ini bisa menawarkan jasa pembuatan logo, poster, brosur, dan materi promosi lainnya.

Dengan banyaknya bisnis yang beralih ke digital, permintaan untuk jasa desain grafis terus meningkat. Platform seperti Behance atau Dribbble bisa digunakan untuk memamerkan portofolio dan menarik klien.

Memulai bisnis sambil kuliah memang menantang, namun dengan manajemen waktu yang baik, mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan pengalaman berharga. Bisnis yang dirintis bisa menjadi bekal di masa depan dan membantu mahasiswa mengasah keterampilan kewirausahaan sejak dini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan