Ono Surono Terima Anugerah Lifetime Achievment Award Dari Dekopin dan Kemenkop UKM

BANDUNG – Tokoh Koperasi dan Nelayan asal Indramayu Ono Surono resmi direkomendasikan PDI Perjuangan Jawa Barat sebagai Bakal Calon Gubernur Jabar yang akan bertarung di Pilkada 2024.

Penampilannya yang unik dan nyentrik dinilai banyak orang mirip dengan sejumlah tokoh seperti karakter legendaris yang diperankan Keanu Reeves, John Wick, Bilal Indrajaya bahkan Jamal Mirdad.

Dalam sebuah pertemuan, Ono Surono, bercerita tentang latar belakang kehidupannnya.

Dilahirkan di keluarga yang selalu dekat dengan gerakan koperasi dan perikanan, Ono Surono anak dari H. Mustakim yang guru SD aktivis gerakan koperasi dan Hj. Siti Markhumah seorang pedagang.

“Sedari kecil saya selalu berinteraksi dengan dunia yang berhubungan dengan ekonomi kerakyatan yang berwarak gotong royong dan kekeluargaan,” kata Ono.

Soal pendidikan, politisi kelahiran 24 Agustus 1974 itu bersekolah di Indramayu hingga awal SMA. Pada pertengahan pendidikan menengah atasnya, Ono pindah ke Jakarta dan lulus dari SMA Negeri 87 Jakarta Selatan.

Ono kemudian melanjutkan studinya di Universitas Trisakti hingga tahun 1996 dan setelahnya ia melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon.

Walau lulusan Teknik Arsitektur Ono Surono menghabiskan hidupnya dalam lingkungan koperasi dan perikanan.

Bahkan sejak usia 17 tahun, Ono, sudah menjadi anggota koperasi dan pada 22 tahun, ia menjadi karyawan koperasi

Lalu, pada usia 35 tahun, Ono menjadi Ketua Koperasi Perikanan Laut Mina Sumitra Indramayu.

Dua tahun kemudian Ono didapuk menjadi Ketua Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) Mina Laksana Mukti Jawa Barat)

Dan pada usia 41 tahun, Ono Surono menjadi Ketua Induk Koperasi Perikanan Indonesia (IKPI)

Dalam gerakan koperasi, Ono pernah menjabat sebagai pengurus mulai dari Dekopinda Indramayu, Dekopinwil Jawa Barat sampai ke Dekopin Pusat

Sampai sekarang Ono Surono masih tercatat sebagai Penasehat di Induk Koperasi Perikanan Indonesia dan Dekopin Pusat

Sehingga sangatlah tepat bisa Ono Surono mendapatkan Penghargaan Pengabdian Seumur Hidup (Lifetime Achievment Award) pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional 2023, 12 Juli 2024 di Gedung Smesco Jakarta dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan