Dugaan Korupsi di Kantor ULP Kota Bandung, Apa Kata Pemkot?

JABAR EKSPRES – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bandung selesai melakukan pemeriksaan di wilayah kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Hasil proses hukum tersebut, diketahui ada indikasi korupsi di kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Bandung.

Menanggapi hal demikian, Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono dan pihaknya bakal menghormati seluruh proses hukum terkait pemeriksaan Kejari. “Kami telah mendapatkan informasi terkait itu,” ungkap Bambang kepada wartawan, Kamis (11/7).

“Kami menghormati seluruh proses hukum yang sedang berjalan. Kami menghormati aparat kejaksaan negeri sebagai mitra Pemkot Bandung,” sambungnya.

Dirinya menegaskan, pihaknya akan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan tetap menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah. Lantas menyerahkan seluruh temuan itu kepada aparat penegak hukum atas dugaan kasus tersebut.

Menurutnya, Pemkot Bandung mempunyai tujuan yang sama dengan aparat penegak hukum untuk mewujudkan Kota Bandung bebas korupsi, diawali dari Unit Layanan Pengadaan (ULP) agar menjalankan tugasnya dengan penuh integritas.

Dirinya pun menginstruksikan kepada Inspektorat Kota Bandung untuk melakukan pengawasan ketat terhadap pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkot Bandung. “Saya instruksikan Inspektorat untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat,” jelas Bambang.

“Saya juga meminta seluruh ASN di lingkungan Pemkot Bandung untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam proses pengadaan,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Dharmawan menambahkan, pihaknya hormati dan menghargai segala proses hukum yang sedang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari).

Selain itu, pihaknya pun saat ini sedang menunggu proses hukum yang sedang berlangsung. “Intinya proses pengadaan barang dan jasa tidak terpengaruh penyelenggaraan kegiatan ini masih jalan,” tambahnya.

“Ini kan baru proses penyelidikan kita juga belum tentu siapa dan seperti apa. Tapi intinya mudah-mudahan ini bisa lebih naik kelas lagi ke depannya,” pungkasnya.

Writer: Muhammad Nizar

Tinggalkan Balasan