BIGMIND 2024, Jaring Inovasi Tekait Ekosistem EV dan Energi Terbarukan

JABAREKSPRES– BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) berkomitmen terus memperkuat industrialisasi sektor pertambangan melalui penguatan inovasi untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik dan energi terbarukan Indonesia.

 

Terlebih, Indonesia berpeluang besar menjadi pemain global di industri kendaraan Listrik dengan cadangan nikel nomor satu di dunia yakni sekitar 55 juta metrik ton atau setara dengan kurang lebih 42,3% dari cadangan dunia.

 

MIND ID melalui kompetisi inovasi BIGMIND 2024 terus mendorong lahirnya inovasi-inovasi brilian untuk memajukan pengembangan industrialisasi sektor pertambangan. Setelah roadshow BIGMIND 2024 di Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan Medan selama bulan Mei dan Juni 2024, MIND ID menggelar roadshow BIGMIND 2024 terakhir yang bertempat di Multipurpose Hall CRCS lt.3 Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 21 Juni 2024.

 

Mengusung tema “Downstreaming of Mineral Resources to Bolster National EV Battery Ecosystem”, Roadshow kali ini dibuka oleh Direktur Portfolio dan Pengembangan Usaha, MIND ID, Dilo Seno Widagdo.

 

Sebagai moderator, turut hadir Imam Santoso, influencer serta dosen di Departemen Teknik Metalurgi, Institut Teknologi Bandung (ITB). Hadir pula Dekan Fakultas Pertambangan dan Perminyakan ITB Ridho Kresna Wattimena yang menyampaikan welcoming remarks. Seluruh agenda roadshow BIGMIND 2024 dapat disaksikan melalui channel YouTube MIND ID di @miningindustryindonesia.

 

Dalam sambutan pembuka sekaligus paparannya, Dilo Seno Widagdo menuturkan BIGMIND 2024 membuka kesempatan bagi para inovator di seluruh Indonesia untuk memperkuat ekosistem industrialisasi sektor pertambangan guna mendukung transisi ke kendaraan listrik dan energi terbarukan.

 

Menurutnya, Indonesia memiliki bahan baku EV baterai seperti nikel, mangan, tembaga, dan aluminium-bauksit. Inovasi dan teknologi pun menjadi aspek yang penting untuk menjamin penggunaan komoditas mineral tambang tersebut lebih efektif dan efisiensi untuk pembuatan kendaraan listrik dan energi terbarukan di dalam negeri.

 

“Kita harus dorong kelengkapan pohon industri EV baterai untuk hadir di Indonesia. Proses industri hilir sektor pertambangan memerlukan inovasi untuk dapat mengekstrak mineral kritis dan mineral strategis yang bernilai tinggi,” sebutnya.

 

Adapun, para inovator yang berminat, dapat mengajukan karya inovasi terbaiknya pada kompetisi BIGMIND 2024 yang dibuka sampai dengan tanggal 30 Juni 2024 melalui situs big.mind.id.

Tinggalkan Balasan