Contoh Teks MC Idul Adha 2024, Susunan Acara Lengkap dari Awal hingga Selesai

JABAR EKSPRES – Idul Adha, salah satu hari besar umat Islam, segera tiba. Perayaan ini selalu diiringi dengan suka cita dan penuh makna.

Berbagai kegiatan meriah dan penuh hikmah menjadi bagian dari peringatan ini, termasuk pengajian dan shalat Idul Adha. Jika Anda ditunjuk sebagai Master of Ceremony (MC) pada acara Idul Adha 2024, berikut ini adalah contoh teks MC yang dapat Anda gunakan, beserta susunan acaranya dari awal hingga selesai.

Baca Artikel Lainnya : Contoh Teks Khutbah Idul Adha 2024 yang Menginspirasi dan Penuh Makna

#### Contoh Teks MC Idul Adha 2024 – Bagian 1

 

Pembukaan:

Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar, Laa illaha illallah hu Allahu Akbar, Allahuakbar walillahilhamd

Salam dan Penghormatan:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang kami hormati, para alim ulama, kyai, sesepuh pinisepuh, tokoh masyarakat, serta bapak ibu jamaah shalat Idul Adha di Masjid Al-Jannah yang dirahmati oleh Allah SWT.

Puja dan puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya.

Mewakili segenap Pengurus Masjid Al-Jannah, saya mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H”. Taqabbalallahu minna wa minkum, taqabbal ya kariim.

Sambutan Ketua Pengurus Masjid:

Sebelum melaksanakan shalat Idul Adha, mari kita dengarkan bersama sambutan dari Ketua Pengurus Masjid Al-Jannah, Bapak Mustaqim. Waktu dan tempat kami persilakan.

Informasi Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Adha:

Selanjutnya, kami akan menyampaikan informasi terkait tata cara pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Al-Jannah:

  1. Mohon para jamaah segera merapikan barisan shaf dan mengisi shaf di depannya yang masih kosong.
  2. Para petugas shalat Idul Adha hari ini adalah: Bilal oleh Mas Dian, Imam oleh Al Ustad Mukarom Baidu Hidayat, dan khatib oleh Al Ustad Jalaludin Rumi.

Pelaksanaan shalat Idul Adha terdiri dari shalat sunnah Idul Adha dua rakaat, dilanjutkan dengan khutbah oleh Al Ustad Jalaludin Rumi.

Niat Shalat Idul Adha:

Lafadz niat shalat Idul Adha untuk makmum: Usholli sunnatan li iidi adha rak’ataini ma’muman lillahi ta’ala. (Aku berniat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta’ala).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan