Komnas HAM Usul Tambahan Rp37,15 Miliar untuk Anggaran 2025

JABAR EKSPRES – Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Atnike Nova Sigiro, menyampaikan usulan tambahan anggaran untuk tahun 2025 sebesar Rp37,15 miliar, yang disampaikan pada agenda rapat kerja DPR RI dengan Ketua LPSK dan Ketua Komnas HAM, Rabu (12/6/2024).

Pada rapat yang digelar di Kompleks Parlemen itu, Atnike mengatakan bahwa tambahan dana tersebut akan dialokasikan untuk mengakomodasi pengawalan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Hingga perbaikan gedung Kantor Komnas HAM secara menyeluruh.

Atnike menuturkan bahwa kedua program itu masuk ke dalam program prioritas Komnas HAM. Beriringan dengan akomodasi belanja pegawai dan program lainnya.

BACA JUGA:KPK Tak Ambil Pusing Soal Hasto Lapor ke Komnas HAM

Berdasarkan data yang dipaparkan, pagu indikatif Komnas HAM mengalami kenaikan berturut semala tiga tahun terakhir.

Pada tahun 2023, Komnas HAM menerima anggaran sebesar Rp85,2 miliar, yang berhasil direalisasikan sebesar 98,96 persen, hampir menyeluruh.

Kemudian pada tahun 2024, Komnas HAM menerima pagu indikatif anggaran sebesar Rp98,5 miliar, dengan realisasi 42,83 persen hingga bulan Juni.

Sementara itu, anggaran untuk Komnas HAM di tahun 2025 mengalami kenaikan menjadi 99,57 miliar. Namun, lembaga perlindungan ini megusulkan penambahan sebesar Rp37,15 miliar untuk tahun 2025.

BACA JUGA:2 TKW Asal Cileunyi yang Terlantar di Dubai dan Irak, Mulai Jadi Perhatian Bupati Bandung

Ketua Komnas HAM itu menyebut bahwa, sebanyak Rp5 miliar dari usulan tambahan tersebut diproyeksikan untuk kebutuhan pengawasan pembangunan IKN agar sesuai dengan prinsip HAM.

Lanjut, Atnike menuturkan bahwa desakan global mengharuskan Indonesia lebih inovatif, dalam pengembangan proyek pembangunan. Begitupun dengan pembangunan IKN.

Selain tentang IKN, dia juga menjelaskan bahwa anggaran itu antara lain untuk perbaikan gedung kantor Komnas HAM di beberapa wilayah.

Menurutnya, hal ini diperlukan untuk menunjang kinerja serta penguatan kelembagaan melalui pembangunan infrastruktur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan