Belum Ada Kabar Baik Soal 2 TKW yang Terlantar di Luar Negeri, TKSK Cileunyi Bakal Sembangi Lagi BP3MI Jabar

JABAR EKSPRES – Upaya pemulangan dua tenaga kerja wanita (TKW) asal Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yakni Lilis Ule (44) dan Rosita (35), masih terus dilakukan.

Pasalnya, kedua TKW tersebut mengalami nasib yang memprihatinkan. Lilis diketahui terlantar di luar negeri dan Rosita selain tak boleh pulang, dia mendapat kekerasan selama bekerja.

Mengenai progres upaya pemulangan kedua TKW itu, pihak Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cileunyi, berencana melakukan langkah lanjutan.

“Sebelumnya saya berterima kasih karena Bupati Bandung, (Dadang Supriatna) sudah memberikan perhatian untuk kepulangan TKW yang terlantar,” kata TKSK Cileunyi, Yudistira pada Kamis (13/5).

BACA JUGA: Kembalinya Vivo X100 Pro Sang Jagoan dengan Segudang Fitur Unggulan

Dia menjelaskan, pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menindak lanjuti proses kepulangan Lilis dan Rosita.

Menurut Yudistira, apabila berbicara mengenai berkas administrasi kependudukan, kedua TKW sudah lengkap, tinggal menanti bagaimana dinas terkait melakukan langkah untuk kepulangan mereka.

“Pelaporan sudah dilayangkan ke Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) dan Penyuluh Tenaga Kerja (PTK) Kabupaten Bandung, soal terlantarnya dua warga Cileunyi yang jadi TKW di luar negeri,” bebernya.

Yudistira menerangkan, pihak pihaknya pun telah sambangi Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Jabar.

BACA JUGA: Sinyal Eksodus Punggawa Persib Bandung, Digoda Klub Lain Imbas Kontrak Jangka Pendek Habis

Kepulangan 2 TKW asal Cileunyi yang terlantar perlu serius dilakukan, sebab kondisi mereka di luar negeri cukup memprihatinkan.

“Semua berkas kedua TKW sudah kita laporkan ke Disnaker dan Penyuluh Tenaga Kerja (PTK) Kabupaten Bandung dan Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Jabar, sudah diketahui Camat Cileunyi, Cucu Endang,” terangnya.

“Besok Jumat (14 Juni 2024), kita akan tanyakan kembali ke BP3MI, sejauhmana BP3MI menangani TKW Lilis dan Rosita yang kini terlantar di Dubai dan Irak,” tukas Yudistira.

Diketahui, Lilis Ule merupakan TKW asal warga Kampung Sindangwargi RT02 RW18, Desa Cileunyi Wetan sudah setahun lebih terlantar di Dubai, Uni Emirat Arab.

BACA JUGA: Kriteria Hewan Kurban yang Sah Menurut Syariat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan