Pendaftaran CPNS Kemhan 2024 Kapan Dibuka? Ini Jumlah Formasinya

JABAR EKPSRES – Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah mengumumkan jumlah formasi yang akan tersedia untuk pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024.

Menurut keterangan resmi yang dirilis, formasi CPNS dan PPPK Kemhan 2024 telah disetujui oleh Kementerian PANRB.

Pada tahun ini, Kemhan akan membuka total 25.258 kuota, dengan rincian 13.687 posisi untuk CPNS Tenaga Teknis dan 4.597 posisi untuk Tenaga Kesehatan.

Adapun untuk posisi PPPK, tersedia 3.200 posisi untuk Tenaga Teknis dan 3.774 posisi untuk Tenaga Kesehatan.

Kapan Jadwal CPNS Kemhan 2024 Dibuka?

Menpan RB Abdullah Azwar Anas telah mengumumkan bahwa pendaftaran seleksi CPNS tahun ini akan dibuka antara bulan Juni atau Juli 2024. Namun, ia belum memberikan detail tentang tanggal pasti dimulainya seleksi tersebut.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai Bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN,”  ujar Menteri Anas dalam Konferensi Pers di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2024).

Anas menambahkan, setelah menerima surat keputusan Menpan RB mengenai penentuan kebutuhan formasi instansi pemerintah dan berkoordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi 2024.

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Jadi Dibuka Juni? Ini Kata Menpan RB

Rencana jadwal seleksi CASN, baik CPNS maupun PPPK, masih menunggu informasi resmi.

Untuk memastikan keabsahan jadwal pendaftaran, masyarakat diharapkan untuk menunggu pengumuman resmi dari BKN dan Panselnas.

Setelah keputusan resmi diumumkan, BKN akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai jadwal seleksi untuk setiap tahapan, mulai dari pendaftaran, tes, hingga pengumuman.

Untuk diketahui, pemerintah berencana membuka lowongan sebanyak 1.289.824 CASN untuk memenuhi kebutuhan sebanyak 2,3 juta formasi.

Adapun pembagian untuk masing-masing kebutuhannya yaitu 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 formasi di instansi daerah.

Calon pelamar dapat mengunjungi rincian formasi CPNS dan PPPK melalui portal ASN Karier dengan alamat sscasn.bkn.go.id. Namun untuk saat ini, data yang tersedia adalah data formasi  TA 2023. Nantikan selalu informasinya di laman resmi tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan