Pagelaran Seni Budaya Siap Digelar di Cileunyi Bandung, Ada Reak hingga Debus

JABAR EKSPRES – Dalam rangka melestarikan sekaligus mengembangkan kesenian dan budaya warisan leluhur, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung akan gelar festival kebudayan.

Festival seni budaya yang akan diselenggarakan itu, disambut meriah oleh para pelaku kesenian, seperti Paguyuban Seniman Budayawan (Pasebban), Kecamatan Cileunyi berkolaborasi dengan jajaran Forkopimcam Cileunyi, 6 kepala desa dan pegiat seni lain yang ada di Kecamatan Cileunyi.

Ketua Pasebban Kecamatan Cileunyi, Deden DR ketika dikonfirmasi membenarkan festival seni budaya Kecamatan Cileunyi tersebut.

“Jadwalnya, sudah deal, hari Rabu tanggal 12 Juni 2024, di lapangan Abah Soeta, Cikoneng, Desa Cibiruwetan,” katanya, Selasa (11/5).

Deden menjelaskan, festival seni budaya Cileunyi ada atraksi reak, benjang, debus, rampak wayang, silat, calung, wadrah marawis, lengser, celengpung dan kunclung.

‘”Acara ini akan dipandu Mang Ade Batak, Ki Daus dan Aep Bancet,” jelasnya.

Menurut Deden, fesival seni budaya Cileunyi yang rencananya akan dihadiri Bupati Bandung, Dadang Supriatna dengan harapan berjalan aman, lancar dan sukses serta mendapat antusias tinggi dari masyarakat.

“Festival seni budaya Cileunyi, selain terkait hut ke-383 Kabupaten Bandung, juga dalam rangka ngamumule seni budaya warisan leluhur di Cileunyi, sekaligus mengembangkan seni budaya. Alhamdulillah mendapat dukungan banyak pihak,” tukasnya.

Diketahui, tempat festival budaya ini, tepatnya di lapangan Abah Soeta, dekat lapangan Trail, Kampung Cikoneng 3, RT.03/RW.03, Desa Cibiruwetan Kecamatan Cileunyi mulai pukul 07.00 hingga petang dengan sejumlah atraksi seni budaya.

Sementara itu, Amas Effendi DM, Ketua 3 Pasebban Kabupaten Bandung mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pasebban Kecamatan Cileunyi yang akan menggelar fesival seni budaya Cileunyi.

“Kita dukung penuh dan berharap festival seni budaya Cileunyi nanti aman, lancar dan sukses. Apalagi, kecamatan Cileunyi ‘kan gudangnya seni budaya warisan leluhur sehingga bisa terus dilestarikan dan dikembangkan,” harap Amas.

“Festival seni budaya Cileunyi pihak jajaran Forkopimcam Cileunyi mendukung penuh. Berharap kegiatan seni budaya nanti aman, lancar dan sukses,” pungkasnya. (Bas)

Writer: Yanuar Baswata

Tinggalkan Balasan