5 Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan untuk Kondisi Medis Obesitas

JABAR EKSPRES – Bagi kamu yang mengalami obesitas, terdapat bebrapa rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut, serta terdapat pula penjelasan mengenai manfaat dari olahraga tersebut. 

Obesitas sendiri yang menjadi penyebab utamanya adalah ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan energi yang dibakar melalui aktivitas fisik. Namun, beberapa faktor penyebab lainnya dapat dikarenakan genetik, gaya hidup, pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan faktor lingkungan.

Obesitas meningkatkan risiko untuk berbagai kondisi kesehatan serius, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, sleep apnea, osteoarthritis, hingga konsisi kesehatan serius seperti kanker.

Cara mengatasi obestias dapat dengan melibatkan pendekatan holistik yang mencakup perubahan gaya hidup, pola makan sehat, dan peningkatan aktivitas fisik. Terapi perilaku, dukungan psikologis, dan dalam beberapa kasus, intervensi medis atau bedah juga bisa direkomendasikan. 

BACA JUGA: 9 Jenis Olahraga yang Membantu Mengoptimalkan Pertumbuhan Tinggi Badan

Berikut ini terdapat beebrapa jenis olahraga yang cocok untuk orang yang mengalami obesitas. Namun, penting untuk memulai dengan aktivitas yang sesuai dengan tingkat kebugaran dan kesehatan kamu. Beberapa olahraga yang direkomendasikan untuk orang dengan obesitas meliputi: 

Olahraga yang Baik untuk Seseorang yang Mengalami Obesitas

  • Berjalan Kaki

Berjalan adalah olahraga yang rendah dampak dan mudah dilakukan. Mulailah dengan jarak pendek dan tingkatkan secara bertahap.

  • Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang baik untuk melatih otot kaki dan kardiovaskular tanpa memberi tekanan berlebih pada sendi.

  • Berenang

Berenang merupakan olahraga yang sangat efektif untuk orang dengan obesitas karena memberikan latihan seluruh tubuh tanpa memberikan beban pada sendi.

  • Aerobik

Kelas aerobik atau latihan kardio lainnya bisa membakar kalori secara efektif dan meningkatkan kesehatan jantung. 

BACA JUGA: Termasuk Olahraga Ringan, Ketahui Manfaat & Tips Melakukan Jogging yang Benar

  • Angkat Beban

Latihan kekuatan seperti angkat beban atau latihan berat lainnya bisa membantu meningkatkan massa otot dan metabolisme, yang bisa membantu dalam proses penurunan berat badan.

Manfaat Olahraga untuk Seseorang yang Mengalami Obesitas

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan