Sulit Mengakses Web PPDB, Puluhan Orang Tua Calon Siswa Serbu SMAN 2 Cimahi

JABAR EKSPRES – Sulitnya mengakses aplikasi Sapawarga dalam Pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK dan SLB 2024 di Jawa Barat, di hari kedua masih belum optimal.

Khusus pendaftaran tingkat SMA/SMK/SLB tahap 1 sudah dibuka mulai Senin, 3 Juni 2024. Aplikasi Sapawarga diperuntukkan untuk pendaftaran PPDB Jabar 2024 yang dibuat oleh Disdik Jabar dan tengah tersedia di Play Store atau App Store.

Kendala jaringan membuat sulitnya mengakses laman Sapawarga. Karena kendala tersebut, PPDB hari pertama tak seorang calon siswa pun yang mendaftar secara online.

Akibatnya, orang tua bersama calon siswa lebih memilih mendatangi langsung sekolah yang dituju.

Seperti yang terjadi pada sman 2 Cimahi, sampai pukul 10 pagi tadi sudah terdapat 50 calon siswa yang mengambil nomor antrian kepada pihak sekolah untuk dibantu proses pendaftaran.

BACA JUGA: Sempat Error, Bey Machmudin Pastikan Website PPDB Sudah Bisa Diakses Normal

Ketua PPDB SMAN 2 Cimahi, Uus Suhara M.Pd, mengakui pada hari pertama PPDB online masih mengalami gangguan jaringan. Menurutnya, hal tersebut memang terjadi di seluruh sekolah di Jawa Barat.

”Tiap tahun memang biasa, awal memang ada kendala, tapi tidak terlalu lama biasanya jam 09.00 atau 10.00 WIB sudah lancar,” terangnya, kepada Jabar Ekspres di ruang kerjanya di SMAN 2 Cimahi, Jalan KPAD Sriwijaya IX No.45A, RT.08/RW.16, Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Selasa (4/6).

Ia menilai, sulitnya website diakses menandakan adanya kekurangsiapan Disdik Jabar khususnya dari tim aplikasi. Sebab, lanjutnya, jika tim aplikasi sudah siap maka kendala web sulit diakses tidak akan terjadi.

”Kalau mereka sudah siap, tentunya sudah diantisipasi sebelum proses pendaftaran PPDB dimulai. Kalau satu dua sekolah (ada kendala) itu wajar, tapi ini kan di semua sekolah yang ada di Jabar,” terangnya.

”Untuk hari pertama bisa disebut gagal, karena tidak ada satupun calon siswa yang bisa mendaftar,” sambungnya.

BACA JUGA: Juara Liga 1 Indonesia Tahun 2023-2024, Pemain Persib Bandung Terima “Kadeudeuh” dari Bey Machmudin

Pihaknya menyiapkan petugas atau panitia PPDB sekolah, guna membantu orang tua calon siswa yang terkait pelayanan dan memberikan informasi terkait kendala yang terjadi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan