Keajaiban Sunnah Rosul Dalam Aktivitas Harian yang Dibuktikan Secara Ilmiah

JABAR EKSPRES – Islam selalu mengajarkan kebaikan, agar umatnya selalu terjaga dalam keimanan. Kini sudah banyak yang membuktikan bahwa sunnah yang diajarkan Rosul ternyata membawa banyak manfaat, terutama dalam segi kesehatan.

Rosul mengajarkan banyak adab dalam aktifitas sehari-hari yang tetap relevan diterapkan hingga jaman sekarang.

Dan seperti keajaiban, setelah dilakukan penelitian, ternyata amalan sunah yang diajarkan Rosulullah semuanya memberikan kebaikan bagi umat manusia.

Baca juga : Inilah Macam-macam Puasa Sunah yang Berpahala Besar

Berikut beberapa sunnah Rosul yang terbukti manfaatnya, hal ini sekaligus menunjukkan bukti betapa Islam melalui Nabi-nabinya selalu membawa rahmat bagi siapapun yang menegakkannya.

1. BAB Jongkok

Ternyata BAB dengan posisi duduk beresiko tinggi terkena wasir/ambeien, sehingga dianjurkan BAB dengan posisi jongkok, karena lebih bersih dan menyehatkan.

2. Kencing Jongkok

Dalam Islam tidak dianjurkan kencing dalam posisi berdiri karena beresiko terkena prostat dan batu ginjal. Kencing jongkok lebih bersih dan menyehatkan.

3. Makan Menggunakan Tangan

Siapa sangka sunnah makan menggunakan tangan ternyata sangat penting dalam kesehatan. Karena enzim di tangan membantu makanan lebih mudah dicerna.

Dibanding menggunakan sendok besi, kayu, atau plastik, makan dengan tangan lebih bersih, fitrah dan menyehatkan

Bahkan dianjurkan saat makan menggunakan 3 jari untuk mengambil makanannya, yakni jari tengah, telunjuk dan jari manis. Hal ini bisa untuk menakar besar suapan yang akan masuk kemulut kita.

4. Makan dan minum dengan duduk.

Jika makan dan minum dalam posisi berdiri, sangat rawan mengganggu perncernaan, karena makanan tidak dapat diproses dengan baik. Dengan duduk akan lebih santun dan menyehatkan.

5. Makan duduk di lantai.

Dianjurkan makan dengan duduk di lantai, karena tubuh akan membagi perut menjadi 3 ruang: udara, makanan dan air, dengan posisi duduk makanan akan lebih terkontrol.

Baca juga : Kembali Terbukti, Kenapa Rosulullah Sunahkan Minum Sambil Duduk, Ternyata Ini Bahaya Minum Sambil Berdiri Menurut Para Ahli

6. Makan buah sebelum makan

Lebih baik makan buah (cuci mulut) dilakukan sebelum makan, ini untuk membantu melicinkan saluran pencernaan dan membuatnya lebih siap.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan