Dimulai Besok, ini Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Mei 2024

JABAR EKSPRES – Puasa ayyamul bidh atau puasa tengah bulan akan selalu hadir setiap bulannya. Untuk jadwal puasa ayyamul bidh bulan Dzulqa’dah 1445 Hijriyah yang bertepatan dengan bulan Mei 2004, bisa kamu dapatkan dalam tulisan ini.

Puasa Ayyamul bidh ini sering kali dilakukan oleh Rosulullah. Karenanya hingga saat ini masih banyak yang menegakkan sunnah tersebut.

Anjuran melakukan puasa ini terdapat dalam hadits riwayat Ibnu Abbas.

“Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

Baca juga : Tips Mudah Menjalankan Puasa Sunnah Agar Menjadi Kebiasaan

Sedangkan Keutamaan melakukan puasa ini terdapat dalam hadits yang diriwayat dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al “ash, Rosulullah bersabda:

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” (HR Bukhari no 1979)

Puasa tengah bulan dilakukan selama 3 hari, pada saat bulan purnama bersinar terang, yakni setiap tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulannya.

Untuk Bulan Dzulqa’dah 1445 Hijriyah yang bertepatan dengan bulan Mei 2004, puasa ayyamul bidh akan jatuh dari tanggal 21 -23 Mei 2024.

Berikut jadwal lengkapnya :

– Selasa, 13 Dzulqa’dah 1445 Hijriyah atau 21 Mei 2024
– Rabu, 14 Dzulqa’dah 1445 Hijriyah atau 22 Mei 2024
– Kamis 15 Dzulqa’dah 1445 Hijriyah atau 22 Mei 2024

Ada keistimewaan bagi yang sudah biasa menjalankan puasa sunah senin kamis, karena pada hari kamis 22 Mei 2024, dalam satu hari puasa kita bisa meniatkan untuk dua puasa, yakni puasa senin kamis dan puasa Ayyamul bidh.

Baca juga : Syarat Menjalankan Puasa Sunnah dan Beberapa Manfaatnya

Melakukan puasa tiga hari setiap bulannya seperti melakukan puasa sepanjang tahun karena pahala satu kebaikan adalah sepuluh kebaikan semisal. Berarti puasa tiga hari setiap bulan sama dengan puasa sebanyak tiga puluh hari setiap bulan. Jadi seolah-olah ia berpuasa sepanjang tahun

Selain mendapatkan pahala puasa sepanjang tahun, puasa tengah bulan ini juga bisa mendekatkan kita kepada Allah, mengingat saat puasa, kita pasti akan mengurangi berbuat maksiat, semua indra akan lebih terjaga, dan keinginan untuk melakukan ibadah lain juga meningkat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan