8 Masalah dan Gangguan Pada Ginjal yang Jarang Diketahui

JABAR EKSPRES – Masih banyak orang yang menyangka masalah atau gangguan ginjal hanyalah gagal ginjal dan batu ginjal saja. padahal ada beberapa masalah  lain yang harus kita ketahui.

Berbagai gangguan ini bisa berpengaruh pada fungsi dan kesehatan ginjal. Dan jika dibiarkan bisa mengalami kerusakan hingga kegagalan fungsi ginjal.

Jika sudah begitu, maka pilihannya untuk bisa bertahan hanya satu yakni cuci darah rutin.

Baca juga : Ternyata Ginjal Rusak Bisa Dilihat Dari Kulit, Ini Tanda-tandanya

Untuk mengetahui apa saja gangguan yang bisa terjadi pada organ vital yang satu ini,  kita bisa simak penjelasan dibawah ini :

1. Gagal Ginjal

Masalah yang satu ini terjadi ketika organ penting ini  tidak lagi mampu membuang produk limbah dan kelebihan cairan dari tubuh secara efektif.
Ini dapat terjadi secara tiba-tiba  (akut) atau berkembang secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lebih lama (kronis).

2. Batu Ginjal

Batu yang tumbuh dalam oragan ini adalah massa padat yang terbentuk dari kristal mineral di dalam ginjal atau saluran kemih, gangguan ini bisa menyebabkan nyeri hebat ketika bergerak melalui saluran kemih.

3. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih bisa melibatkan ginjal dan kandung kemih. Infeksi ini sering disebut sebagai pielonefritis. Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan demam, nyeri saat buang air kecil, dan ketidaknyamanan umum.

4. Penyakit Polikistik

Ini adalah kondisi genetik di mana kista-kista berisi cairan tumbuh di dalam organ yang satu ini. Kondisi ini dapat menyebabkan perburukan fungsinya dan mengarah pada gagal ginjal.

Baca juga : Mengenal Gejala Batu Ginjal, Penyakit Parto Patrio Hingga Harus Dioperasi dan Begini Cara Mencegahnya

5. Glomerulonefritis

Ini adalah kondisi di mana ginjal mengalami peradangan pada glomerulus, yaitu bagian yang menyaring limbah dari darah.
Glomerulonefritis dapat mempengaruhi fungsi penyaringan.

6. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di ginjal, mengganggu fungsi normalnya. Ini bisa menyebabkan kerusakan lebih parah.

7. Pielonefritis

Pielonefritis adalah peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Ini biasanya lebih serius daripada infeksi saluran kemih biasa dan memerlukan perawatan medis segera.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan