5 Kerja Freelance Bagi Pelajar 2024, Paling Untung Nambah Uang Saku

JABAR EKSPRES – Sedang mencari pekerjaan freelance di tahun 2024 untuk menambah uang saku saat masih menjadi seorang pelajar? Tentu bisa, yuk intip 5 profesi freelance yang cocok bagi pelajar!

Ada banyak alasan mengapa orang memilih untuk menjadi freelancer. Sebagai bentuk pekerjaan, freelance memiliki kelebihan dan kekurangan.

Menjalankan pekerjaan freelance dianggap memberikan kebebasan dan tidak adanya keterikatan.

Seorang freelancer tidak terikat dengan satu perusahaan dan bahkan bisa mengerjakan lebih dari satu proyek di perusahaan yang berbeda.

Umumnya, pekerjaan freelance atau disebut juga pekerja lepas adalah ketika seseorang bekerja untuk dirinya sendiri, bukan untuk sebuah perusahaan.

Pekerja lepas umumnya dianggap sebagai individu yang mandiri dan dapat melakukan pekerjaan kontrak baik secara penuh waktu maupun sebagai pekerjaan sambilan untuk melengkapi pekerjaan utama mereka.

5 Kerja Freelance Bagi Pelajar 2024

Berikut 5 rekomendasi profesi kerja freelance bagi pelajar paling menguntungkan:

1. Periset Media Sosial

Menurut Vina Muliana, seorang HR yang aktif berbagi pengetahuan tentang karier, pekerjaan ini melibatkan manajemen media sosial untuk perusahaan atau bisnis tertentu dengan melakukan penelitian tentang judul dan konten media sosial mereka.

Dalam waktu 6 jam kerja per bulan, Anda dapat menghasilkan sekitar Rp500 ribu.

2. Tutor Online

Gunakan pengetahuan dari sekolah atau perguruan tinggi Anda dengan menjadi tutor lepas. Anda dapat menghasilkan antara Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per jam.

3. Penulis atau Desainer Freelance

Jika Anda memiliki minat dalam menulis atau desain, pekerjaan ini cocok untuk Anda. Dengan keterampilan tambahan seperti SEO, Anda dapat menghasilkan hingga Rp500 ribu per proyek.

BACA JUGA: Freelance Dapat THR Lebaran 2024? Ini Cara Hitung dan Besarannya untuk Karyawan Harian Lepas

4. Pengisi Suara

Jika Anda memiliki suara yang bagus, Anda dapat menjadi pengisi suara alias voice over talent. Pekerjaan ini memberikan peluang besar bagi pemula di era digital saat ini.

5. Entri Data

Entri data melibatkan proses mentransfer data dari format fisik ke format digital yang dapat diolah oleh perangkat lunak.

Pekerjaan ini terkait dengan administrasi dan membutuhkan kehati-hatian karena melibatkan informasi rahasia perusahaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan