Naskah Khutbah Jumat Tentang 12 Etika Bertetangga Menurut Imam Al-Ghazali

JABAR EKSPRES – Etika bertetangga sepertinya harus kembali diulas dan diingatkan kepada masyarakat. Karena saat ini sering kali terjadi konflik dalam masyarakat terutama dalam bertetangga. Dalam naskah khutbah Jumat kali ini akan diulas tentang 12 etika bertetangga yang sangata penting untuk diketahui.

Naskah Khutbah jumat tentang Erika bertetangga ini bisa menjadi inspirasi bagi para dai untuk menyusun naskah khutbahnya.

Mengingat banyak dasar dan dalil yang disebutkan dalam catatan ini. Hidup bertetangga yang baik juga perlu diciptakan dalam lingkungan masyarakat sosial saat ini.

Baca juga : Naskah Khutbah Jumat Tentang Mempertahankan Kualitas Ibadah Setelah Ramadhan Berakhir

Naskah khutbah Jumat kali ini diambil dari laman nu.or.id semoga bermanfaat, berikut ulasan selengkapnya:

Khutbah I

اَلْحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ رَسُولِ اللَّهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاه. أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ لَانَبِيّ بعدَهُ. أَمَّا بَعْدُ فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ. فقال الله تعالى في القرآن الكريم: وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Jamaah Jumat rahimakumullah

Marilah kita semua senantiasa berikhtiar sekuat tenaga untuk menjadi hamba Allah swt yang bertakwa. Takwa kita sudah seharusnya terus meningkat, bersamaan dengan nikmat agung yang Allah swt berikan kepada kita semua. Nikmat-Nya yang tidak pernah berhenti, tidak pernah putus diberikan kepada kita selama di dunia ini bahkan pada kehidupan selanjutnya, seperti nikmat sehat, nikmat sempat, nikmat hidup yang cukup, nikmat kecerdasan akal yang membedakan kita dengan makhluk lainnya, dan berbagai nikmat yang lain. Oleh karena itu, Alfaqir mengajak kepada jamaah Jumat dan tentu saja kepada diri saya pribadi untuk selalu mempertebal tingkat ketakwaan kita kepada Allah swt. Takwa bermakna melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Jamaah Jumat rahimakumullah

Harus disadari bahwa kita adalah makhluk yang memang tidak bisa terpisahkan dengan yang lainnya. Jangankan dengan manusia, kepada selain manusia pun sebagian hidup kita kadang masih bergantung dengan keberadaannya. Oleh karena itu, kita hendaknya selalu berdampingan dan berbuat baik serta menebar kasih sayang dengan sesama. Allah swt menciptakan aneka perbedaan di antara manusia di muka bumi ini tak lain agar manusia dapat saling mengenal dan bergaul dengan baik.

Jamaah Jumat rahimakumullah

Selain sanak saudara, tetangga adalah bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Tetangga adalah orang-orang dekat kita yang setiap saat kita membutuhkan bantuan, mereka kerap hadir dan kadang menjadi yang utama. Islam sendiri mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berbuat baik kepada sesama, lebih-lebih kepada tetangga. Demikian ini sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari-Muslim.

Tinggalkan Balasan