Ketahui Ciri-Ciri Kurma yang Baik Dikonsumsi dan Apa Saja Manfaatnya!

JABAR EKSPRES – Kurma merupakan jenis buah yang berasal dari pohon yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera. Pohon ini tumbuh di berbagai wilayah yang memiliki iklim kering, terutama pada wilayah Timur Tengah dan daerah-daerah tropis lainnya.

Kurma memiliki bentuk oval, berwarna coklat hingga kehitaman, dan memiliki daging yang manis dengan tekstur yang kenyal. 

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi kurma secara teratur dalam jumlah yang seimbang dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, tetapi disarankan untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan karena kandungan gula alami dalam kurma tergolong tinggi. 

Berikut di bawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai ciri dari kurma yang baik dikonsumsi dan apa saja manfaat konsumsi buah ini.

Ciri-ciri Kurma yang Baik untuk Dikonsumsi

  • Warna

Kurma yang baik dikonsumsi biasanya memiliki warna yang konsisten, mulai dari coklat hingga kehitaman. Hindari kurma yang terlalu pucat atau memiliki bercak-bercak kecoklatan yang tidak normal.

  • Kekenyangan

Tekstur kurma yang baik harus terasa padat dan berat untuk ukurannya. Ini menunjukkan bahwa buah tersebut memiliki banyak daging dan tidak terlalu kering.

  • Kulit

Kulit kurma yang baik harus terlihat mulus dan halus, tanpa ada tanda-tanda kebusukan atau kerusakan. 

BACA JUGA: 5 Ciri Kurma Israel, Merek hingga Ada Tanda Kode Ini

  • Bau

Kurma yang baik harus memiliki aroma manis yang khas. Hindari kurma yang memiliki bau yang tidak segar atau berbau busuk.

Manfaat Konsumsi Kurma

  • Sumber Energi

Mengandung karbohidrat yang tinggi, termasuk gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, konsumsi jenis buah ini dapat memberikan energi yang cepat dan berkelanjutan.

  • Serat

Terkandung serat yang baik untuk pencernaan, membantu mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit.

  • Kandungan Gizi

Mengandung banyak berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin K, berbagai jenis vitamin B, dan mineral seperti potassium, magnesium, dan zat besi. 

BACA JUGA: 3 Merek Kurma Asli Bukan Produk Israel, Ada di Alfamart dan Indomaret

  • Antioksidan

Kurma mengandung antioksidan seperti polifenol, karotenoid, dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan